Penyerapan KPR FLPP di Kalangan PNS Cuma 12 Persen

indopos.co.id-Dalam rangka meramaikan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2019, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar Pameran Perumahan Rakyat dan Festival Kuliner. Pameran ditujukan untuk mengenalkan KPR bersubsidi di kalangan internal Kementerian PUPR.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan pameran dan talkshow ini adalah untuk lebih mengenalkan KPR bersubsidi untuk kalangan internal Kementerian PUPR,” kata Sekretaris Jenderal Kementerian PUPR, Anita Firmanti, di Kementerian PUPR, di Jakarta, Selasa (27/8/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Lapangan Sapta Taruna Kementerian PUPR ini mengikutsertakan 21 pengembang perumahan dan perbankan.

Selain pameran perumahan, Kementerian PUPR juga menggelar talkshow dengan tema Mewujudkan Rumah Impian yang menghadirkan seluruh pemangku kepentingan penyalur KPR Bersubsidi, diantaranya, Direktorat Rumah Umum dan Komersial, Ditjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, dan Direktorat Pembiayaan Perumahan.

Dirjen Penyediaan Perumahan KemenPUPR, H Khalawi AH mengatakan data penyaluran KPR Sejahtera FLPP yang dimiliki oleh LPDPP, golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS) memiliki prosentase yang terbilang cukup rendah sebagai penerima KPR FLPP. Total penerima KPR FLPP sejak tahun 2010 hingga 20 Agustus 2019 pada PNS hanya mencapai 12 persen, sedangkan penerima tertinggi terdapat pada golongan Swasta 73 persen, selebihnya adalah golongan TNI/Polri, wiraswasta, dan lainnya.

Pemerintah pada tahun 2019 menyediakan anggaran bantuan pembiayaan perumahan KPR Sejahtera FLPP sebesar Rp7,1 triliun untuk 68.858 unit rumah. Per tanggal 20 Agustus 2019 tercatat dana bantuan pembiayaan perumahan FLPP yang disalurkan oleh LPDPP telah mencapai Rp 5,128 triliun untuk 53.355 unit rumah, atau 77,49 persen dari total penyaluran tahun 2019.

Sedangkan sejak dicanangkan Program Satu Juta Rumah oleh Presiden Jowo Widodo, hingga per tanggal 20 Agustus 2019 nilai FLPP yang disalurkan oleh LPDPP telah mencapai Rp41,949 triliun untuk 631.122 unit rumah. (vit)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.