Larang Peredaran Produk Berlabel Palm Oil Free, Langkah BPOM Sudah Tepat

indopos.co.id-Ditemukannya produk makanan yang diberi label Palm Oil Free oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) baru-baru ini menyita perhatian publik. Padahal, sejauh ini tidak ada bukti ilmiah yang membuktikan bahwa minyak sawit berbahaya untuk kesehatan.

Guru Besar Fakultas Ekologi Manusia (FEMA) Institut Pertanian Bogor (IPB) Hardiansyah menilai, langkah BPOM yang melarang produk berlabel bebas sawit tersebut sangat tepat. Selain tidak sesuai regulasi. Hal tersebut juga tidak rasional.

Baca Juga :

“Regulasi pangan itu kan untuk membela konsumen, tanpa merugikan produsen. Kalau ada yang mencantumkan produknya bebas minyak sawit, padahal tidak diatur dalam regulasi, berarti ada tendensi bahwa minyak sawit itu tidak bagus untuk kesehatan,” ,” ujar Hardiansyah di Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Padahal, kata Hardiansyah, sudah ratusan penelitian dilakukan dan tidak ada bukti ilmiah kalau sawit bisa mengakibatkan kolestrol maupun jantung koroner. Dibanding dengan minyak lain, sawit mengandung unsur karotenoid yang mengandung vitamin A,” ujar Hardiansyah, yang juga Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia.

Baca Juga :

Kopmas Minta BPOM Serius Soal Kental Manis

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.