Resmi Dilantik jadi Wakil Rakyat, Wali Kota Depok Minta DPRD Tuntaskan PR yang Tertumda

indopos.co.id – Setelah menunggu lama, akhirnya 50 anggota DPRD Depok terpilih periode 2019-2024 dilantik. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan langsung oleh Kepala Pengadilan Negeri (PN) Depok, Sutiyono di Gedung DPRD Kota Depok, Selasa (3/9/2019) yang dihadiri banyak pejabat. Bahkan dalam pelantikan itu Wali Kota Depok berharap para wakil rakyat ini mampu menuntaskan pekerjaan rumah (PR) yang tertunda.

Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad mengatakan, pelantikan para wakil rakyat terpilih ini mampu menyelesaikan banyak PR yang harus dituntaskan kepada masyarakat. Seperti janji pembangunan dan penataan lingkungan, pengentasan masalah kemiskinan, pendidikan, kesehatan dan beragam persoalan sosial lain. Apalagi, program itu belum dituntaskan oleh anggota DPRD terdahulu.

Baca Juga :

“Kami minta PR itu diselesaikan, karena masih banyak yang belum tuntas. Ini seperti hutang kepada masyarakat yang sudah memilih dan mempercayakan aspirasi mereka ke anggota DPRD terpilih. Yang pasti kami dari pemerintah daerah akan siap membantu menyelesaikan PR itu,” katanya usai mengikuti Pelantikan 50 anggota DPRD di Gedung DPRD Kota Depok.

Selain itu, sambung Idris, anggota DPRD Depok yang baru diharapkan tidak gagap teknologi dalam memantau perkembangan dan situasi di masyarakat. Mengingat saat ini masyarakat kota ini lebih banyak menggunakan media sosial dalam menyampaikan aspirasi. Dan juga dalam keterbukaan informasi terkait pengajuan anggaran dalam berbagai kegiatan.

“Sekarang jaman keterbukaan sehingga masyarakat harus tahu usulan anggaran yang akan diajukan. Nah ini pun harus dipantau mereka melalui medsos. Jadi jangan sampai tidak menguasai teknologi,” paparnya.

Idris pun berharap dengan pelantikan tersebut puluhan wakil rakyat ini dapat membantu jajarannya membangun dan memajukan Kota Depok. Sebab dengan sinergitas tersebut dapat menyelaraskan pembangunan yang dikehendaki masyarakat.

Baca Juga :

DPRD Depok Garap Lagi Perda Anti-LGBT

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Depok terpilih Suparyono menuturkan, siap menyelesaikan PR sejumlah rekannya terdahulu. Karena, beban kerja itu merupakan hutang kepada konstituen para politisi tersebut. Apalagi, pelaksanaan tugas dan fungsi DPRD bukan perkara mudah melainkan sebagai penyambung aspirasi masyarakat dalam menghadapi beragam permasalahan perkotaan.

“Kami akan bekerjasama serta berkolaborasi dengan Pemkot Depok selama lima tahun untuk menyelesaikan tugas dan PR yang tertingga. Kami pastikan semua anggota DPRD terpilih selalu bekerja sepenuh hati, karena ini amanah dari masyarakat Depok,” tuturnya.

Ditambahkan Suparyono, 50 anggota DPRD yang telah dilantik segera menjalankan tugas sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Salah satunya menjaring aspirasi dari masyarakat. Kemudian melakukan pengawasan kerja dan penggunaan anggaran yang dilaksanakan Pemkot Depok. Dia juga berharap para rekannya itu dapat mengkritisi dan memberikan solusi atas persoalan yang ada di kota ini.

“Sesuai peraturan DPRD tidak terlalu lama membentuk pimpinan DRPD definitif. Silahkan langsung bekerja dan terjun ke masyarakat,” pungkasnya.

Pantauan INDOPOS, pelantikan 50 anggota DPRD Depok Terpilih dihadiri unsur Muspida. Seperti Wali Kota Depok Idris Abdul Shomad, Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Sebanyak 50 anggota DPRD terpilih tersebut berasal dari beberapa partai seperti PKS 12 Kursi, PDIP 10 Kursi, Gerindra 10 Kursi, Golkar 5 Kursi, PAN 4 Kursi, PKB 3 Kursi, Demokrat 3 Kursi, PPP 2 Kursi dan PSI 1 Kursi. Pelantikan juga mengukuhkan kursi kepemimpinan di DPRD Kota Depok yaitu, Suparyono dari PKS dinyatakan sebagai Ketua, sedangkan Yeti Wulandari dari Partai Gerindra sebagai Wakil Ketua. (cok)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.