Operasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap Telah Resmi Dimulai

indopos.co.id – Mitsubishi Hitachi Power Systems, Ltd. (Kantor Pusat: Yokohama, Japan, Presiden dan CEO: Ken Kawai, selanjutnya disebut “MHPS”) adalah perusahaan gabungan (joint venture) antara Mitsubishi Heavy Industries, Ltd. dan Hitachi, Ltd., yang dibentuk pada Februari 2014, adalah perusahaan yang membangun proyek “PLTGU Jawa-2”, pembangkit listrik milik PT. PLN (Persero) di Tanjung Priok. Pembangunan fasilitas pembangkit tenaga listrik tenaga gas uap ini telah selesai dan pengoperasian telah dimulai. Dari total output 880.000 kW, selain gas turbin (simple cycle) yang telah beroperasi pada tahun 2018 yang merupakan fasilitas No. 1 dan No. 2, pembangunan Heat Steam Recovery Generator (HRSG) dan turbin uap juga berhasil diselesaikan lebih cepat dari jadwal yang diperkirakan.

Proyek Jawa-2 berlokasi di Tanjung Priok, kota pelabuhan yang terletaksekitar 10km dari pusat kota Jakarta. Mitsubishi Corporation bersama perusahaan konstruksi PT. Wasa Mitra Engineering telah menerima pesanan penuh untuk kontrak putar kunci (turnkey contract) untuk proyek ini. Selain dua unit turbin gas M701F, MHPS juga memasok dua unit HRSG, satu unit turbin uap dan fasilitas pendukung lainnya, sementara mesin generator dibuat oleh Mitsubishi Electric Corporation.

Proyek ini adalah salah satu rencana untuk memperkuat fasilitas pembangkit listrik termal skala besar terutama di wilayah Jawa Barat dalam menanggapi rencana pemerintah Indonesia untuk mengembangkan pasokan listrik 35 juta kW pemerintah untuk memenuhi permintaan listrik yang meningkat pesat seiring dengan pertumbuhan ekonomi. Dengan kualitas dan manajemen proses yang terintegrasi, MHPS dapat memberikan pengiriman lebih cepat dari jadwal dan berkontribusi pada rencana pemerintah. Selain itu, proyek ini juga telah menerima penghargaan tahunan dalam kategori “Natural Gas-Fired Power Project of the Year” dari Asian Power Awards 2019. (adl)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.