Mudahkan Petani, Kadin Dukung Pertumbuhan Investasi di Subsektor Pangan

indopos.co.id – Wakil Ketua Umum Kadin Bidang Pengolahan Makanan dan Industri Peternakan Juan P. Adoe menekankan pentingnya pertumbuhan investasi di subsektor pangan serta perlunya infrastruktur pembiayaan perbankan yang lebih inovatif dan kreatif.

“Sehingga mempermudah akses permodalan kepada petani dan peternak dengan skema perkreditan yang lebih kompetitif dan dapat menciptakan nilai tambah keuntungan bagi petani dan peternak,” ujar Juan di acara Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kadin Indonesia dengan tema “Produktivitas dan Daya Saing Pertanian dan Industri Pangan” di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (5/11/2019).

Baca Juga :

Berdasarkan, Data Kementerian Perindustrian menyebutkan sektor makanan menjadi penyumbang utama penanaman modal dalam negeri (PMDN) senilai Rp 7,1 triliun, dan kedua terbesar penanaman modal asing (PMA) senilai USD 376 juta pada kuartal I/2019.

Pada periode-periode sebelumnya, sektor makanan juga menjadi salah satu kontributor utama investasi, terutama untuk PMDN. “Kita harapkan investasi di sektor pangan terus tumbuh, tentunya ini perlu didorong dengan kebijakan fiskal dan insentif yang baik, karena akan berpengaruh banyak pada keberlanjutan pertanian dan industri makanan,” ujar Juan.

Baca Juga :

Sementara itu, Ketua Pelaksana Rakornas Kadin Indonesia, Franky Welirang mengatakan selain melibatkan Dewan Pengurus Kadin seluruh Indonesia di sektor agribisnis, Rakornas juga menghadirkan para pemangku kepentingan lainnya seperti pemerintah, asosiasi dan himpunan bisnis, petani, korporasi, perbankan dan lembaga keuangan hingga anggota parlemen dan lainnya.

“Semuanya berkumpul di Rakornas ini, sedikitnya ada 200 peserta. Bersama-sama merumuskan rekomendasi untuk mensinergikan program dunia usaha dengan pemerintah,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.