Kehadiran Milenial dan Percepatan Teknologi, Berubah atau Mati?

indopos.co.id – Saat ini dunia tengah mengalami twin distruption, yaitu kehadiran milenial dan percepatan teknologi. Kehadiran kaum milenial telah menggeser peta nilai dari pola konsumerisme di masyarakat secara global.
Baca Juga :
Para milenial ini menuntut agar setiap produk dan layanan yang diberikan dapat dihadirkan secara lebih cepat, lebih baik, lebih murah, dan lebih mampu memberikan pengalaman yang dirasa nyaman. Ini didukung dengan laju teknologi yang kini bisa membuat segala sesuatu yang awalnya tidak terpikirkan bisa terjadi.
Oleh karena itu, siapa yang tidak berubah, ia akan punah. Berubah atau Mati ?. Menurut Harvard Business Review (2016): 60 hingga 70 persen inisiasi perubahan kerap mengalami kegagalan. Dan ternyata, penyebabnya adalah lemahnya peran kepemimpinan dalam mengawal perubahan.
Menyikapi hal itu, CEO Kubik Leadership Jamil Azzaini menilai, kepemimpinan adalah prasyarat utama untuk bisa membawa sebuah tim atau organisasi berubah dari satu titik ke titik lain yang lebih tinggi.
“Karena tanpa kepemimpinan yang tepat, bisa-bisa semua investasi dan upaya yang telah dikeluarkan akan berakhir sia-sia. Untuk itu seorang leader harus peka dan cepat mengambil keputusan, membuat terobosan dan tidak lupa membangun tim,” ujar Jamil kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Rabu (6/11/2019).
Sedangkan, Business Innovation Consultant Indrawan Nugroho menilai, saat ini Indonesia tengah berada di era eksponensial. Maka disadari atau tidak, apa pun yang saat ini diputuskan dan dilakukan pemimpin akan berdampak pada akhir kisah tim, bahkan organisasi.
Maka untuk menjadi pemimpin yang juga mampu memimpin emosi anak buahnya, penting untuk secara tepat memperlakukan kebutuhan emosi setiap anak buah. Dan bisa jadi, diperlukan pendekatan yang berbeda untuk kebutuhan dan situasi yang berbeda.
Memahami krusialnya peran pimpinan, PT. Kubik Kreasi Sisi Lain (Kubik Leadership), sebuah perusahaan di bidang pengembangan SDM meluncurkan produk terbarunya, yaitu Exponential Leader – Lead to Create the Future by Transforming People.
Pada acara ini, hadir 120 peserta terdiri dari leader-leader, baik korporasi maupun institusi Public Training Exponential Leader dibawakan oleh Jamil Azzaini bersama Indrawan Nugroho. (mdo)

loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.