Era Digital, Humas harus Ikuti Perkembangan Teknologi

indopos.co.id – Pegawai Humas Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Kemenkop dan UKM), kembali mengikuti “Bengkel Jurnalistik” bersama indopos.co.id dan Harian INDOPOS, di kantor INDOPOS, Jalan Raya Kebayoran Lama, Jakarta Barat, Jumat (8/11/2019).

Pada agenda hari ini, peserta akan mendapatkan pelatihan Pengantar Jurnalistik dan Dasar-Dasar Menulis secara jurnalistik/Press Realese (Siaran Pers). Dengan pemateri Pemimpin Redaksi indopos.co.id dan Harian INDOPOS Ariyanto Ridwan.

Kemudian pada Sabtu (9/11/2019), dilanjutkan dengan materi Pelatihan menulis dan memilih angle berita yang disukai media massa. Kemudian ada evaluasi penulisan oleh peserta.

Sebelumnya, pada Jumat (1/11/2019), pegawai Humas Kementerian Koperasi dan UKM, telah mengikuti Bengkel Jurnalistik tentang “Bagaimana Memproduksi Foto Jurnalistik”, dengan menghadirkan dua pemateri yakni Koordinator Foto indopos.co.id Suhartono dan Redaktur Foto Harian INDOPOS Adrianto.

Baca Juga :

Kemudian, pada Sabtu (2/11/2019), pegawai Humas Kemenkop dan UKM, kembali mengikuti Bengkel Jurnalistik. Dengan materi  yang disajikan tentang “Bagaimana Memproduksi Video Jurnalistik”,  menghadirkan dua pemateri. Yakni Koordinator Kamaramen Jawapos TV Bayu Aprianto dan editor senior Adang.

Terkait pelatihan Jurnalistik, Kepala Bagian Humas Kementerian Koperasi dan UKM Darmono mengatakan, dengan mengikuti “Bengkel Jurnalistik” ini, teman-teman di Kehumasan (Humas Kemenkop dan UKM, red) ingin memiliki kompetensi diri.

“Apalagi semakin hari kebutuhan kita, dengan berkembangnya teknologi jangan sampai potensi dan kreativitas teman-teman hanya stagnan di situ saja. Karena perkembangan zaman semakin cepat dan dibutuhkan kompetensi diri,” ujarnya.

Darmono melanjutkan, dengan mengikuti acara ini, pihaknya ingin benar-benar menjadi humas yang profesional. “Humas yang paham dengan teknologi juga,” imbuhnya.

“Untuk pelatihan ini sendiri, kita sebenarnya ingin meningkatkan potensi dari SDM-SDM (sumber daya manusia) kehumasan. Sehingga kita adakan pelatihan kehumasan sendiri. Kehumasan itu isinya dari jurnalistik, bagaimana pembuatan rilis juga ada fotografi. Terus juga video,” tambah Darmono.

Dia juga mengaku, teman-teman humas yang ikut pelatihan jurnalistik sangat antusias. Misalnya, kata Darmono, yang harusnya pukul 21.00 WIB selesai, tapi terus lanjut hingga sekira satu jam kemudian.

“Tadi teman-teman masih antusias lanjut, banyak dialog dan bertanya. Jadi teman-teman humas itu ingin meningkatkan kualitas diri. Sehingga benar-benar bisa menyajikan foto, tidak hanya foto dokumentasi, tapi juga foto jurnalistik. Bagaimana foto yang bisa bicara, layak di publis juga di media,” beber Darmono.

Dia menambahkan, acara ini merupakan kegiatan formal yang pertama kali buat Humas Kemenkop dan UKM. Adapun alasan memilih INDOPOS, menurut Darmono, banyak teman-teman INDOPOS yang profesional.

Darmono juga berterima kasih kepada indopos.co.id dan Harian INDOPOS yang telah bekerjasama dengan Kemenkop dan UKM. INDOPOS, lanjut dia, baik cetak maupun online, selama ini juga mendukung kegiatan-kegiatan yang ada di Kemenkop dan UKM.

“Kerja sama INDOPOS dengan Kemenkop dan UKM selama ini cukup baik. Dan INDOPOS membuka peluang untuk transfer knowledge (membagi pengetahuan). Harapan kami, ke depan kerja sama ini bisa dilanjutkan dan ditingkatkan dengan pelatihan lain. Misal infografis, video grafis. Saya lihat tampilan indopos baik cetak maupun online sudah baik dan sangat milenial,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.