Cek Kesiapan Atasi Banjir, Tinjau Pintu Air Manggarai

indopos.co.id – Ketua Fraksi Demokrat DPRD DKI, Desie Christhyana, Minggu (10/11/2019) meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan. Itu untuk mengecek jangan sampai ada sampah yang membuat pintu air tidak berfungsi dengan baik.
“Kita melihat langsung dari dekat bagaimana kondisi sampah di Pintu Air Manggarai. Karena warga mengharapkan agar Pintu Air Manggarai menghadapi musim hujan tidak ada sampah yang menumpuk. Selain menimbulkan bau tidak sedap dikhawatirkan akan menjadi sumber penyakit bagi warga sekitar yang tinggal disekitar Kali,” ujar Desie, saat meninjau Pintu Air Manggarai, Jakarta Selatan, Minggu (10/11/2019).
Pengecekan tersebut, dilakukan usai  menyerap aspirasi masyarakat saat olahraga pagi di taman Amir Hamzah, Jakarta Pusat, Minggu pagi (10/11/2019).
Berbaur dengan warga setempat yang melakukan aktivitas senam dan olahraga. Desi melakukan dialog dengan warga Kelurahan Pengangsaan, Jakarta Pusat.
Keluhan warga terhadap kondisi penumpukan sampah di pintu air Manggarai, hingga persoalan anggaran untuk club senam ibu-ibu di Kelurahan Pengangsaan pun dipertanyakan pada anggota DPRD DKI Fraksi Demokrat itu.
Merespon aspirasi warga, Desie pun langsung mengunjungi pintu air Manggarai yang posisinya tidak jauh dari Taman Amir Hamzah. Yakni untuk melakukan pengecekan terhadap kondisi sampah di pintu air, yang menjadi keluhan warga.
Menurut Desie, pada Oktober lalu kondisi sampah sangat mengkhawatirkan sehingga menimbulkan bau tidak sedap. Karenanya, Demokrat pun memandang perlu meningkatkan pengawasan, khususnya terhadap persoalan yang menyangkut kepentingan warga Jakarta.
“Fraksi Demokrat, akan melakukan koordinasi internal dengan anggota Komisi, agar bisa berkoordinasi dengan mitra kerja terkait lewat Komisi masing-masing. Kedepan Demokrat akan terus berkomunikasi dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sumber Daya Air dalam menghadapi musim penghujan nanti. Supaya warga tidak merasakan banjir di saat musim hujan datang,” jelas Desie.
Selain meninjau Pintu Air Manggarai, ebelumnya, Desie juga berdialog dengan warga Pengangsaan, saat uji coba Car Free Day yang diadakan warga Pengangsaan, Jakarta Pusat, di kawasan Taman Amir Hamzah.
Sementara itu, usulan Ika Kartika warga RW 08 yang merupakan instruktur jantung sehat DKI yang mempertanyakan anggaran pelaksanaan senam di lingkungannya,  seperti penyediaan kacang ijo dan air mineral untuk peserta senam, juga menjadi perhatiannya. Desie mengatakan akan diusulkan lewat musrembang.
“Disamping itu saya akan aktif juga dalam aktifitas senam supaya pemangku jabatan di lingkungan ikut memperhatikan kegiatan senam sehat yang ibu-ibu lakukan,” beber Desie.
Sementara, Tami warga RW 01 mengharapakan agar Car Free Day yang ada di Taman Amir Hamzah bisa diperluas hingga Cikini, Jakarta Pusat. Sehingga bisa menjadi arena berjualan bagi warga sekitar. Menurut Desie, untuk Car Free Day, launching akan dilakukan pada 24 November nanti.
“Untuk pertama kita lakukan di sekitar taman dahulu. Setelah itu kita upayakan agar diperluas hingga Cikini. Karena dengan adanya aktifitas Car Free Day akan mendatangkan dampak positif terhadap lingkungan,” pungkasnya. (dai)

loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.