Awas Kosmetik Ilegal Berkeliaran

indopos.co.id – Peredaran kosmetik illegal makin mengkhawatirkan. Banyak produk kosmetik yang beredar dipasaran tanpa memenuhi izin resmi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Republik Indonesia.

Tercatat 96 kasus peredaran kasus ilegal senilai Rp58,9 miliar selama 11 bulan, yakni sejak Januari hingga November 2019.

Baca Juga :

“Ada tren peningkatan jika dibanding tahun sebelumnya yang di bawah angka itu,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik BPOM RI, Mayagustina Andarini kepada wartawan di Surabaya, Selasa (12/11/2019).

Ia menjelaskan, meningkatnya jumlah kosmetik ilegal di Indonesia tak terlepas dari kebijakan di perbatasan, di mana produk yang tak berizin dapat masuk meskipun perizinannya menyusul.

“Ada kebijakan post border, di mana produk bisa masuk, tapi izinnya menyusul. Selain itu, juga ada kemudahan untuk memasarkan produk. Dari situ ada potensi memasukkan barang secara ilegal,” ucapnya.

Ada pun kasus kosmetik yang paling banyak ditangani BPOM adalah kosmetik yang dicampur bahan obat serta tidak punya izin produksi atau izin edar. (ant)

Baca Juga :

Berikut Cara Mendeteksi Kosmetik Illegal


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.