Zaman Milenial, Peran Guru Tetap Tak Tergantikan

indopos.co.id – Perkembangan zaman yang serba digital membuat aksesibilitas kita terhadap informasi yang dibutuhkan sangat besar. Termasuk dunia pendidikan yang sangat terbantu dengan kemajuan teknologi informasi. Meskin pelajar bisa dengan mudah belajar dan memcari informasi dari internet, dalam dunia pendidikan peran guru tetap tidak bisa tergantikan.
Baca Juga :
Hal tersebut disampaikan Kepala SMPN 85 Jakarta, Farid Makrup, dalam sebuah acara peringatan hari guru di SMPN 85 Jakarta, Senin (25/11/2019). “Zaman memang sudah canggih, banyak aplikasi belajar untuk anak murid seperti ruangguru dan lainnya. Namun, peran mendidik anak hanya bisa dilakukan oleh guru, tidak bisa dari internet,” kata Farid Makrup. Menurutnya, siswa bisa saja mendapat ‘ilmu’ dari luar bangku sekolaj seperti internet. Namun, peran mendidik karakter dan aklak anak di sekolah tidak bisa tergantikan selain dari guru.
Menurut pria berpenampilan kalem ini, guru di zaman milenial ini harus benar2 mampu menempatkan dirinya tidak hanya sebagai pengajar tetapi sekaligus sebagai pendidik. “Guru zaman sekarang harus mampu mengkonstruksi kemampuan dan minat anak didiknya. Kita kuatkan dulu pondasinya nanti akan berkembang dengan sendirinya kemampuan siswa. Jadi guru tidak hanya sekadar mengajar, karena siswa sekarang kan bisa mendapat informasi dari mana saja. Kalau pondasi tidak kita perkuat, bisa salah nanti ke depannya,” tuturnya.
Baca Juga :

Ini Cara Unik Latih Percaya Diri Anak

Lebih lanjut Farid menambahkan, guru juga harus selangkah lebih maju dari siswa. Sebab, di zaman sekarang, siswa bisa belajar dari internet dengan tema yang terkadang belum diajarkan di kelas. “Jadi guru harus semalam lebih maju dari siswa, jangan sampai guru nggak update dengan perkembangan,” tegasnya.
Diketahui, dalam peringatan hari guru di SMPN 85 Jakarta, selain diisi dengan upacara bendera juga diisi dengan berbagai hiburan oleh guru dan murid. Selain itu, juga ada bazar yang memeriahkan peringatan hari guru di sekolah favorit yang terletak di Jakarta Selatan tersebut. (fol)

loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.