Songsong Era Industri 4.0 dengan SDM Unggul

indopos.co.id – Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul untuk menyongsong era industri 4.0, mutlak diperlukan. Karena itu budaya kualitas dan mutu terus digeber. Seperti yang dilakukan IBIMA (Industry and business Institute of Management).

“Kami dari IBIMA mengadakan kegiatan bagaimana membangun budaya kualitas. Tujuan kita bagaimana menggerakan budaya kualitas, budaya mutu. Supaya bisa berkesinambungan. Di bangun di dalam kegiatan industri serta dalam kegiatan bangsa,” ujar CEO IBIMA I Made Dana Tangkas di acara seminar Membangun Budaya Mutu, di Jakarta, Rabu (27/11/2019).

Menurutnya, budaya kualitas yang dibangun berdasarkan budayanya. Juga dibangun di kegiatan industri, produk service dan jasa. “Semua budaya kualitas ini kita bangun,” ujar Made.

Dia menambahkan, di dalam kegiatan perusahaan itu, budaya kualitas kerja itu dibangun dari kegiatan-kegiatan yang diadakan di perusahaan. Seperti gugus kendali mutu kegiatan sistem. Kemudian juga dari top-down kita bangun dari kegiatan perusahaan bagaimana manajeman juga menggunakan budaya inovasi.

“Budaya perkembangan teknologi terdepan yang supaya ini benar-benar inovasi ini menjadi sebuah kegiatan yang berkelanjutan. Sehingga kita mendapatkan perusahaan yang kuat. Dan Indonesia menjadi negara industri yang sejahtera,” jelasnya.

Menurutnya, hal paling signifikan yang paling mendasar dan sekaligus strategis untuk meningkatkan kinerja bisnis adalah dimensi budaya institusi, dalam hal ini budaya mutu. Dengan budaya mutu yang kokoh, produktivitas, kualitas, profitabilitas dan ketahanan usaha bisa diwujudkan.

Baca Juga :

“Membangun budaya mutu, budaya kerja dan budaya innovative dalam membangun proses dan produk bermutu menjadi tuntutan dalam persaingan industry dan bisnis oleh karna itu, maka perlu kegiatan yang terpadu dalam membangun budaya Continuous improvement di level operasional maupun budaya inovasi di tingkat manajemen,” pungkasnya.

Sementara itu, Ary Ginanjar Agustian dari ESQ 65 mengatakan ada tiga strategi untuk membangun budaya mutu dan kualitas. “Yakni leadership, sistem dan nilai. Kita akan bisa membangun budaya kualitas,” ujarnya.

Lebih lanjut Ary mengatakan untuk mewujudkan Indonesia, para pelaku industri harus memiliki dan menjaga nilai-nilai dalam berkarya.

“Seperti nilai kejujuran, tanggung jawab, dan disiplin. Apabila tiga hal tersebut bisa kita satukan maka kita akan berhasil membangun sebuah budaya kualitas dengan daya saing tinggi menuju Indonesia Maju,” pungkasnya. (dai)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.