Ini Inovasi Rest Area KM 166 Tol Cipali yang Sayang Jika Dilewatkan

indopos.co.id – Sejumlah rest area (tempat beristirahat bagi pengguna jalan Tol) menyediakan beragam fasilitas yang bertujuan untuk membuat nyaman pengunjungnya. Tak terkecuali rest area KM 166 yang berada di Tol Cipali, Jawa Barat (Jabar).

Rest area yang posisinya sebelum gate Palimanan arah ke Jawa Tengah dari Jakarta ini terlihat terus menerus berinovasi mengembangkan fasilitas bagi para pengunjungnya. Selain lapangan parkir yang diperluas, juga ada tujuh perkembangan baru di rest area tersebut.

Pertama, masjid modern di Ruas Tol Cipali yang telah diresmikan pada Kamis (14/11/2019). Rumah ibadah ini berdiri di atas lahan seluas 2.500 meter persegi. Dengan desain konsep modern, namun tetap mengusung kearifan lokal, melalui penggunaan batu bata terracotta yang berasal dari Majalengka.

“Karena berada di daerah berkecepatan tinggi (highway), masjid sengaja dibangun dengan karakter kuat dan eye catchy. Dapat menampung lebih dari 1.000 jamaah dan di lengkapi fasilitas full Air Conditioner,” kata Pengelola Rest Area KM 166 Tol Cipali kepada INDOPOS, Jumat (29/11/2019).

Kedua, fasilitas terlengkap. Ini merupakan rest area golongan A. Di mana rest area golongan A ini merupakan Rest Area dengan fasilitas lengkap. Meski demikian, rest area ini masih terus berupaya melakukan inovasi untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan pengguna jalan Tol Cipali, dengan menyediakan fasilitas ruang laktasi dan ruang bermain anak pada pelataran Masjid Mandiri Syariah.

Ketiga, area food and beverage yang nyaman. Di sini, terdapat dua pilihan area kuliner bagi pengunjung, yaitu area The Plaza yang merupakan sentra kuliner dengan lokasi persis di sebelah masjid dan berkonsep Resto-Cafe.

Salah satu tenant The Plaza yang sudah populer dikalangan pecinta kuliner adalah IHC (Ibu Haji Cijantung). Restaurant ini dilengkapi dengan ruangan full AC. Saat ini salah satu gerai teh kekinian, yaitu Teh Tarik KU management by Teh Tarik Johny yang berada di Jalan Intan Fatmawati, Jakarta Selatan, ikut serta menambah pilihan kulinerian di area The Plaza Rest Area KM 166 tersebut.

“Pilihan lokasi kuliner lainnya berada di area Food Court yang terletak di lokasi dekat SPBU. Terdapat salah satunya RM Mang Doel kuliner nasi jamblang khas Cirebon yang ternama,” ujar Pengelola.

Keempat, titik kumpul komunitas mobil. Di rest area ini area parkirnya luas dan juga disuguhkan beberapa faktor kenyamanan. Beberapa komunitas/club menjadikan rest area ini sebagai tempat ‘Tikum’, di antaranya club Mercedes Benz, Mitsubishi Pajero, Nissan Xtrail, Fortuner, Ferrari, dan Lamborgini.

Kelima, rest area ini instagramable. Bagi para pecinta sosial media, rest area Km 166 Cipali menyediakan fasilitas beberapa spot instagramable kekinian yang dapat meng-capture moment pengendara.

Keenam, rest area yang memiliki Iconic event regular dan digital cashless. Di sini, rest area Km 166 Cipali kerja sama dengan rest area Km 164 (arah Jakarta) membuat suatu event Iconic yang diadakan secara regular tiap tahunnya.

Bekerja sama dengan Organisasi Food Truck Indonesia, Event tersebut adalah ‘Rest Area Food Truck Festival’ yang merupakan event pertama kali di adakan di rest area. Salah satu tujuannya, untuk menciptakan suasana yang berbeda saat pengunjung melakukan perjalanan ke luar kota.

Terakhir, rest area yang memiliki Merchandiser yang telah di lauching pada saat event mudik lalu. Merchandiser tersebut, di antaranya T-shirt, topi, handuk, sandal, dan tas pinggang.

“Animo yang baik dari pengunjung membuat rest area KM 166 Cipali mempersiapkan gerai khusus merchandiser,” katanya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.