Confidence-IDI Kampanye Kebersihan Lansia

indopos.co.id – Penuaan merupakan proses alamiah. Setiap makhluk yang bernyawa pasti bakal meniti fase tersebut. Lanjut usia (lansia) merupakan populasi dengan usia di atas 65 tahun, berdasar definisi Badan Kesehatan Dunia.

Populasi masyarakat di atas usia 60 tahun diprediksi mencapai lebih dari 1,2 miliar orang pada 2025, dan mencapai 2 miliar pada 2050 mendatang. Sekitar 75 persen populasi lansia itu, berada di negara berkembang, dengan beban masalah kesehatan sudah kompleks.

Baca Juga :

Padahal, lansia merupakan populasi sangat rentan mengalami masalah kesehatan kronik, disabilitas, dan juga masalah kesehatan mental. Masalah kesehatan umum terjadi dan membuat stres. Tidak jarang mengikuti masalah kesehatan kronik pada lansia yaitu inkontinensia urin atau ketidakmampuan menahan urin sehingga mengompol. Masalah kesehatan itu, dapat menganggu kualitas hidup lansia baik secara fisik maupun mental.

Oleh karena itu, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Popok Dewasa Confidence mendorong usaha mewujudkan kampanye menjaga kerbersihan lansia Indonesia dengan cara rutin mengganti popok dewasa. Dengan mengganti popok dewasa secara rutin dan teratur, akan menjaga kesehatan fisik lansia dan menghindari kemungkinan terkena iritasi.

Peran keluarga menjadi faktor krusial untuk dapat menjaga kebersihan lansia. Dengan menjaga kebersihan lansia kesehatan dan kualitas hidup lansia, salah satunya dalam penggunaan popok dewasa yang tepat, sesuai kebutuhan siang, dan malam.

Head of Marketing Confidence Adult Care Nirma Sofiawati, menyebut Confidence bersama IDI berkampanye menjaga kebersihan hidup lansia dengan rutin mengganti popok. Itu bertepatan dengan launching produk baru Confidence, yaitu Confidence Day & Night berkonsep popok perekat khusus untuk siang dan malam, sehingga pengguna nyaman 24 jam.

”Kerja sama ini untuk mengajak masyarakat Indonesia, khususnya caregiver/perawat mulai menjaga kesehatan dan kebersihan lansia dengan mengganti popok secara rutin,” tutur Nirma, melalui rilisnya, di Jakarta, Sabtu (30/11/2019).

Konsep ganti popok secara rutin itu diperlihatkan melalui komunikasi produk, Confidence Day & Night dengan mengganti popok dewasa minimal 3x sehari, yaitu dua kali pada siang hari, dan satu kali pada malam hari. Selain itu, jenis dan kualitas popok dewasa perlu diperhatikan.

”Berdasar riset pasar dan insight yang kami dapatkan, sesungguhnya aktivitas lansia pada siang dan malam hari itu berbeda, begitu juga kebutuhannya,” tegasnya.

Perwakilan IDI dr Daeng M. Faqih, menjelaskan, sangat mudah menjaga kebersihan lansia. Hanya butuh komitmen teguh dari pendamping untuk memberikan perhatian maksimal seharian. Sejak 2015-2020, populasi lansia di atas 60 tahun akan meningkat dua kali lipat menjadi 22 persen dari 12 persen.

Mayoritas kaum lansia bersemayam di negara berkembang, seperti Indonesia.
Hanya, sayangnya belum banyak lansia memiliki tingkat kesehatan secara baik. Berbagai negara masih terus bergulat untuk mengusahakan kesehatan lansia. Untuk itu, IDI ingin meningkatkan kewaspadaan masyarakat mengenai pentingnya menjadi lansia yang sehat, secara fisik, dan mental. Salah satunya dengan memelihara kesehatan dan kebersihan fisik lansia, termasuk yang telah memiliki gangguan kesehatan.

”Salah satu contohnya penggantian popok secara rutin pada lansia dengan inkontinensia urin. Dengan menjaga kebersihan, lansia dengan inkontinensia urin dapat terhindar dari stres dan depresi, komplikasi pada kulit, atau perasaan tidak berdaya, dan terkucil,” tegas Faqih.
Kampanye itu dimulai dengan partisipasi aktif Confidence dalam event IDINesia yang berlangsung di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu. Komitmen Confidence bersama IDI akan terus berjalan untuk mewujudkan lansia sejahtera. (mdo)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.