Inovasi Produk dan Adaptasi Pemasaran Digital Kunci Sukses Penguin jadi Top of Mind

indopos.co.id – Sebagai raja tangki air Indonesia, Penguin selalu melakukan inovasi berkelanjutan dan adaptasi terhadap perkembangan digital. Pasalnya, era digital sekarang tidak bisa dpungkiri memegang peranan penting dalam membangun dan memperkuat awareness brand. Tool digital seperti media sosial contohnya menjadi kanal yang patut diperhitungkan untuk melakukan pemasaran dan komunikasi.

“Kami sudah menerapkan digital marketing untuk produk kami. Website, internet, media sosial seperti Instagram misalnya sudah kami maksimalkan fungsinya untuk membangun brand Penguin,” ujar General Manager M Sales & Marketing Penguin, Heriyati Tjandra, dalam keterangan persnya, Minggu (1/12/2109)

Karakteristik konsumen di media sosial juga menjadi concern Penguin. Unsur visual sangat penting untuk menarik konsumen. Maka disetiap postinganya, Penguin selalu menghadirkan konten yang menarik, termasuk penggunaan unsur warna-warna yang cerah dan menarik.

Walaupun sektor digitalnya sudah kuat namun Penguin tidak serta melupakan cara konvensional dalam memasarkan produk mereka. Peran distributor tetap sangat penting karena sales yang ada di setiap store bisa mengedukasi konsumen tentang produk Penguin.

Baca Juga :

“Saat ini Penguin juga sudah mendistribusikan produk-produk mereka ke seluruh pelosok Indonesia,” ujarnya.

Heriyati menjelaskan cara konvensional bagi Penguin masih ampuh dalam menarik konsumen. Jadi baginya kolaborasi saling mendukung antara online dan offline inilah yang semakin menancapkan kuku Penguin di Industri tangki air Indonesia.

“ATL tetap kami lakukan seperti iklan, banner, Radio Billboard, spanduk, papan nama took, bahkan promo-promo menarik tetap kami berikan,” jelasnya.

Selain adaptasi dengan era digital yang berjalan mulus, kunci sukses Penguin juga dari inovasi yang selalu dihadirkan untuk konsumen mereka. Inovasi yang ada selalu sukses karena tepat guna atau sesuai dengan keinginan dari pasar.

Terhitung untuk tahun 2019 tercatat Penguin beberapa kali melakukan inovasi produk baru. Beberapa produk baru tersebut ialah Product BIO 100 (septic tank) untuk 6 – 8 orang , Product Tank Sump (untuk SPBU), Product Trashboom, Product Efishenery fish, Product POT & POK (Pot bunga), Product Filter air dan FRP.

Dua kunci sukses Penguin diatas tersebut berhasil membawa Penguin menguasai pasar di Indonesia dengan market share hingga sebesar 80 persen.

“Dengan raihan market share sebesar itu Penguin telah menjadi Top of Mind dan Alhasil Penguin pun berhasil diganjar beberapa kali penghargaan bergengsi seperti Top Brand Award, Best Brand Award, 500 Brand, ISO 2008-2014 dan MURI,” pungkasnya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.