STEI Siapkan Lulusan Unggul Hadapi Perkembangan Teknologi Digital 4.0

indopos.co.id – Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STEI) Jakarta menyelenggarakan Wisuda ke-47 tahun akademik 2018-2019, Selasa (3/12/2019), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta Selatan. Wisuda ini dihadiri mantan cawakil presiden (cawapres) Sandiaga Uno.

STEI berusaha meningkatkan proses pendidikan yang bermutu dalam bidang ilmu ekonomi dan bisnis untuk menghasilkan lulusan yang kompeten, berdaya saing, dan berakhlak mulia.

Nilai-nilai yang dimiliki STEI berupa pendidikan untuk mencerdaskan, penelitian untuk pemecahan masalah, pengabdian kepada masyarakat yang bermutu, dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia.

Cawapres Prabowo Subianto di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 Sandiaga Uno memaparkan orasi ilmiah di depan para wisudawan dan segenap pimpinan STEI. Seperti diketahui, Sandiaga seorang Pengusaha, politisi dan mantan Wakil Gubernur DKI Jakarta bersama Gubernur Anies Baswedan, juga presiden direktur PT Saratoga Investama Sedaya.

Saat ini STEI memiliki enam program studi yang sudah terakreditasi, baik Akreditasi A dan Akreditasi B dari Badan Akreditas Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT). Untuk 2020, Prodi S1 Manajemen menawarkan peminatan Manajemen Bisnis Digital. Target ke depan STEI, seluruh program studi bisa mendapatkan Akreditasi A.

Prosesi wisuda ini dipimpin Ketua STEI, yakni Ridwan Maronrong yang mewisuda 957 lulusan dari beberapa program studi. Wisuda kali ini telah menambah komunitas lulusan STEI menjadi 29.485 orang yang dipersembahkan kepada Indonesia dan dunia.

Sesuai visi “Menjadi salah satu Lembaga Pedidikan Tinggi Ekonomi dan Bisnis yang Unggul dan Bermartabat di Asean  pada tahun 2030″. STEI membekali para lulusannya dengan keilmuan dan keterampilan sesuai dengan bidang ilmu yang diambilnya yang selaras dengan menjunjung tinggi moral, imtaq dan berbudaya.

Ketua STEI Ridwan Maronrong menyampaikan, untuk meningkatkan daya saing lulusan,  dan menghadapi perkembangan teknologi digital 4.0, pihaknya melakukan beberapa langkah strategis.

Antara lain di bidang pendidikan dan pembelajaran, kami terus melakukan  penyempurnaan kurikulum, agar dapat menyesuaikan, dengan arah perkembangan teknologi, dan digitasisasi 4.0 saat ini.

“Karena itu, kurikulum Program Akuntansi dan Managemen konvensional,  akan disempurnakan dengan menambah muatan matakuliah,  teknolog digital,” ujar Ridwan dalam sambutannya.

Langkah berikutnya yang dilakukan, lanjut Ridwan, mengembangkan Program S1 Managemen dengan membuka Progaram S1 Managemen Peminatan Bisnis digital yang diberi nama, Manajemen Bisnis Digital pada tahun ajaran baru 2020/2021.

“Kami juga meningkatkan kompentensi mahasiswa dengan meperluas program sertifikasi, yang akan dicantumkan dalam Surat Keterangan Pendamping Ijazah. Dalam kaitan ini, STEI akan bekerja sama dengan BNSP/Badan Nasional Sertifikasi Profesi untuk mendirikan Lembaga Sertifikasi Profesi/LSP disekolah tinggi ilmu Ekonomi Indonesia pada awal tahun depan,” rincinya.

STEI juga terus malakukan pengembangan dan meningkatkan program Magang Mahasiswa sekaligus untuk mendukung program “Link and Match” dari pemerintah yang dilaksanakan melalui BUMN.

Karena itu, kata dia, dalam tahun 2018/2019, STEI INDONESIA telah bekerja sama dengan 16 BUMN, dan menyalurkan mahasiswa magang,  yang ditempatkan pada  BUMN sebanyak 61 Mahasiswa. Sedangkan mahasiswa magang diluar BUMN ( seperti pada kantor Kementrian, Perusahaan swasta dan Kantor Akuntan publik) sebanyak 462 mahasiswa.

Saat ini, lanjut Ridwan, STEI Indonesia telah mengembangkan Pusat Pengembangan Karier yang diberi nama STEI CAREER CENTER. Pusat pengembangan karir ini, bertujuan memberikan fasilitas kepada mahasiswa dan alumni, dalam menjembatani, dunia pendidikan dengan dunia industri,  untuk membangun SDM, yang berkualitas dan profesional.

“Untuk itu STEI CAREER CENTER bekerja sama URBANHIRE membangun dan mengembangkan Web career di STEI INDONESIA yang dapat diakses 24 jam nonstop. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pelayanan yang optimal dan berkualitas, serta menjadi one stop solution bagi mahasiswa dan alumni untuk mencari informasi layanan lowongan Pekerjaan,” tutupnya. (mdo)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.