Cegah Defisit Migas Kian Melebar, Pemain Baru harus Bisa Produksi Avtur

indopos.co.id – Direktur Pusat Studi Kebijakan Publik (Puskepi) Sofyano Zakaria mengatakan, harga avtur terkesan hanya jadi kambing hitam dan alasan buat masuknya pemain baru avtur di Indonesia. Pria yang juga pengamat energi itu menambahkan, kalau ada pemain baru avtur, perusahaan itu kemungkinan besar akan impor avtur. Hal itu bertentangan dengan program pemerintah yang ini mengurangi defisit migas.

“Pemerintah harus tegas menolak pemain baru avtur jika tak bisa produksi avtur di dalam negeri. Serta harus mewajibkan memiliki sarana dan fasilitas avtur. Juga tidak boleh sewa dari Pertamina dan mewajibkan pemain baru untuk juga beroperasi di bandara-bandara kecil di seluruh NKRI,” ujarnya di Jakarta, Jumat (6/12/2019).

Lebih lanjut Sofyano mengatakan, untuk mengurangi defisit migas sudah saatnya Pemerintah menetapkan Pertamina sebagai agregator BBM-jenis solar dan avtur-yang sudah bisa disediakan di dalam negeri karena terkait program B 30.

Sementara itu, Ekonom Konstitusi Defiyan Cori mengatakan sesuai mandat konstitusi Pasal 33 UUD 1945 terminologi penguasaan negara wajib diberikan kepada Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Serta tidak boleh dilanggar begitu saja dengan memanfaatkan kekuasaan demi kepentingan sesaat.

“Sektor migas adalah salah satu cabang produksi penting yang harusnya diberikan kepada BUMN. Termasuk penyediaan avtur yang berasal dari produksi dalam negeri dengan bahan baku dalam negeri pula,” ujarnya, di Jakarta, Jumat (6/12/2109).

Lebih lanjut Defiyan mengatakan, BUMN Pertamina telah berperan dan berkontribusi besar bagi pembangunan energi bangsa dan negara. Yakni dalam penyediaan dan penyaluran BBM tak terkecuali avtur.

Baca Juga :

“Bahwa bisnis avtur oleh swasta tidak boleh bersandar pada aset pertamina dan apalagi hanya meminta lisensi impor demi keuntungan korporasi semata,” pungkasnya.

Peneliti Asosiasi Ekonomi Politik Indonesia (AEPI) Salamuddin Daeng meminta pemerintah jangan tergoda membuka kran impor avtur kepada pihak manapun. Baik itu Pertamina maupun swasta dengan alasan apapun.

“Dikarenakan impor produk BBM sudah membuat Indonesia terjajah dalam ketergantungan,” jelasnya.

Hal itu, lanjut Salamuddin, karena avtur adalah jenis bahan bakar yang sudah bisa diproduksi oleh kilang dalam negeri. Jika pemerintah tergoda lagi melakukan impor lagi, apalagi dengan mengijinkan swasta melakukan impor, maka dikuatirkan kinerja kilang dalam negeri akan terganggu.

“Kalau ada kementerian yang mau melakukan liberalisasi avtur dengan cara membuka kran impor, maka itu sama saja dengan menantang perintah Presiden Jokowi. Yang telah bertekad mengurangi impor dalam upaya memperbaiki neraca transaksi berjalan yang saat ini mengalami defisit,” pungkasnya.

Sementara itu, Dirktur Energy Watch Indonesia Ferdinand Hutahaean mengatakan, polemik harga Avtur meyeberang dari soal harga ke soal monopoli oleh Pertamina. Padahal jelas bahwa sesuai Konstitusi, seluruh cabang produksi yang menguasai hajat hidup orang banyak disebutkan harus dikuasai negara.

“Maka dalam rangka itulah kemudian Pertamina sebagai BUMN menjadi kepanjangan tangan negara menguasai cabang produksi minyak salah satunya avtur,” ujarnya.

Ferdinand menambahkan, pemerintah agar mengkaji betapa beban Pertamina untuk menyediakan Avtur. Yakni diseluruh bandara hingga bandara perintis. Itu adalah beban besar yang ditanggung oleh Pertamina. “Sehingga harus subsidi silang harga antara bandara yang satu dengan bandara yang lain,” jelas Ferdinan.

Menurutnya, jangan sampai pemberian izin bisnis avtur kepada swasta hanya akan membuat angka impor migas meningkat. Karena swasta akan impor sementara produksi Pertamina bisa menjadi over tak terserap. Hal ini harus dicermati terlebih Presiden Joko Widodo yang sudah berkali-kali mengingatkan defisit impor migas.

“Jika swasta ingin masuk bisnis Avtur harus dengan syarat harus masuk di bandara kecil perintis. Tidak hanya di bandara besar saja dan harus memproduksi sendiri avtur. Sehingga tidak menjadi penyebab makin tinggi impor migas kita,” pungkasnya. (dai)


loading...
1 Komentar
  1. kelly berkata

    QQHarian,info merupakan situs betting online yang aman dan terpercaya. Menyediakan Promo Bonus yang Wow dan tidak pernah anda jumpai di tempat lain, Buruan bergabung dan Buktikan sekarang juga serta Menangkan JackPot 100%. Cukup 1 user id saja anda bisa banyak bermain game. Minimal DP/WD hanya 20k/50k saja. Proses pencairan dana cukup dengan waktu max3 menit hingga ratusan juta rupiah. Anda Menang, Kami Bayar. Anda Kalah, Kami Ganti.!!! Untuk info lebih lanjut bisa hub cs kami di livechat/Wa : +63 9954825268 | Line : qqharian | Refferal Code : 8FE83FDE

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.