Kokoh di Posisi Dua Klasemen Medali SEA Games, Kemenpora Tak Duga Indonesia Lampaui Target

indopos.co.id – Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tidak menduga kontingen Indonesia mampu melampaui target 45 medali emas yang ditetapkan Menpora Zainudin Amali pada SEA Games 2019.

Sampai Minggu (8/12/2019), pukul 12.00 waktu setempat, Indonesia sudah mengumpulkan 56 medali emas, 52 medali perak dan 66 medali perunggu, yang membuat kontingen Merah Putih berada di posisi kedua klasemen perolehan medali sementara SEA Games 2019.

“Pencapaian yang di luar dugaan itu tentu saja membuat kami sangat senang. Padahal tadinya 45 medali emas itu target bersih. Kalau tanpa margin eror, kan, 51 medali emas,” ujar Sekretaris Kemenpora Gatot S. Dewa Broto di World Trace Center, Manila, Filipina, Minggu (8/12/2019).

Menurut Gatot, kontingen Indonesia sangat mungkin untuk mencapai target 60 medali emas SEA Games 2019 dari Presiden Joko Widodo. Apalagi, masih banyak pertandingan perebutan medali yang belum dipertandingkan seperti bulu tangkis, dayung, atletik, renang dan sepak bola.

Baca Juga :

Ganda Putra Indonesia Bawa Pulang Perunggu

“Semoga target dari Presiden Joko Widodo untuk berada di peringkat kedua SEA Games 2019 bisa terwujud,” tutur Gatot.

Terkait hitung-hitungan medali, pihak Kemenpora memperkirakan minimal 60 medali emas menjadi jumlah paling aman bagi kontingen Indonesia untuk menjadi ‘runner up’ SEA Games 2019.

“Saat ini belum aman. Saya pribadi sangat memerhatikan Thailand yang jumlah medalinya melonjak tinggi. Apalagi masih banyak pertandingan yang belum dipertandingkan,” tuturnya.

Perolehan sementara medali emas Indonesia di SEA Games 2019 jauh lebih baik daripada catatan di SEA Games 2017, di mana Indonesia hanya mendapatkan 38 medali emas, 63 perak dan 90 perunggu.

Kontingen Indonesia kokoh di posisi kedua klasemen perolehan medali SEA Games 2019 Filipina, Minggu, setelah ada tambahan emas dari menembak, perahu naga, rowing dan panahan.

Berdasarkan data dari Headquarter Indonesia per pukul 12.00 waktu setempat, ada tambahan lima medali emas sehingga total 56 emas, 52 perak dan 66 perunggu. Sedangkan posisi pertama tetap dipegang tuan rumah Filipina dengan 92 emas, 69 perak dan 70 perunggu. Di posisi tiga Vietnam dengan 49 emas, 52 perak, 70 perunggu.

Dengan pencapaian saat ini, target yang dibebankan oleh Presiden Joko Widodo yaitu 60 emas berpeluang besar tercapai karena masih banyak cabang lumbung emas yang belum menyelesaikan pertandingan.

Pasangan Yayah Rokayah/Julianti menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia pada SEA Games 2019 setelah menjadi yang terbaik pada cabang olahraga dayung rowing nomor lightweight pair schuls putri pada final yang berlangsung di Triboa Bay, Subic, Minggu.

Yayah/Julianti yang tampil kompak terlihat bersaing ketat dengan pasangan Vietnam dan Myanmar, namun pada seperempat jarak menjelang finis, pasangan Indonesia tersebut terlihat unggul dan akhirnya menyentuh garis finis di posisi pertama dengan catatan waktu 7 menit dan 33,86 detik.

Tempat kedua diduduki pasangan Vietnam Thi Hien Le/Thi Hue Pham yang mencatat waktu 7 menit 38, atau 5,060 detik di belakang duo pedayung Indonesia. Tempat ketiga diduduki pasangan Myanmar Shwe Zin Latt/Nilar Win yang mencatat waktu 7 menit 42,75 detik.

Keberhasilan Yayah ini, menambah sumbangsih medali emas cabang olahraga dayung untuk kontingen Indonesia menjadi enam medali emas. Pada hari pertama, dayung meraih dua medali emas dan pada hari kedua meraih tiga emas.

Menurut Yayah, ia sangat bersyukur bisa menyumbang medali emas bagi kontingen Indonesia yang tengah berpacu meraih 60 medali emas seperti yang ditargetkan Presiden Joko Widodo. “Senang lah. Ini persembahan kami dari rowing. Medali buat seluruh warga negara Indonesia. Saya harap akan lebih baik ke depannya,” kata Yayah. (ant)

Berikut sebaran perolehan medali hari kedelapan hingga pukul 12.00 waktu setempat.

Emas

1) Shooting-Mixed Silhoutte Metallic Air Rifle

Ahmad Rifqi Mukhlisin

2) TBR-Men’s 4 Seaters 500 m

Mugi Harjito, dkk

3) TBR-Mixed 22 Seaters 500 m

Anwar Tarra, dkk

4) Rowing-Women’s Pair

Yayah Rokayah

Julianny Julianti

5) Archery-Men’s Team Recurve

Riau Ega Agata Salsabila, dkk

Perak

1) Shooting-Mixed Silhoutte Metallic Air Rifle

Aubrey Hasendriya Atthayya Hadika

2) Sotball-Women’s Team

Isti Dewi Yanti, dkk

Perunggu

1) Rowing-Women’s Lightweight Single Scull

Mutiara Putri

2) Muay-Men’s 57 kg

Muhammad Vicky Muchlis

3) Muay-Men’s 63,5 kg

4) Muay-Women’s 45 kg

Irsalina

5) Surfing-Women’s Short Board

Tania Angel Izquierdo

6) Athletics-Women’s 10000 m

Odekta Elvina Naibaho

7) Archery-Women’s Recurve Team

Diananda Choirunnisa

8) Softbal-Men’s Team

Rizki Parama Satya, dkk

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.