BCA Bantu Program Perlindungan untuk 15 Ribu Pekerja Rentan

indopos.co.id – Bank Central Asia (BCA) menyalurkan dana corporate social responsibility (CSR) untuk 15 ribu pekerja rentan atau pekerja informal agar terlindungi program Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK). Kartu kepesertaan BPJAMSOSTEK simbolis diserahkan kepada empat perwakilan pekerja informal di Jakarta, Selasa (10/12/2019).

”Kami membantu untuk pembiayaan iuran (program BPJAMSOSTEK) untuk 15 ribu pekerja rentan. Kegiatan ini juga untuk membantu pemerintah dalam rangka memastikan pekerja rentan terlindungi oleh program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan,” ungkap Direktur SDM BCA Lianawati Suwono. Liana mengatakan pihaknya akan senantiasa mendukung program-program pemerintah yang bermanfaat untuk masyarakat.

Baca Juga :

Di lain sisi Deputi Direktur BPJAMSOSTEK Wilayah DKI Jakarta Cotta Sembiring mengapresiasi BCA karena berpartisipasi ke dalam program BPJAMSOSTEK bernama Gerakan Nasional Peduli Perlindungan Pekerja Rentan (GN Lingkaran). Gerakan tersebut memang ditujukan untuk membantu perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan kepada para pekerja rentan. ”Ini langkah positif yang mungkin perlu dicontoh pula oleh perusahaan-perusahaan lain. Dalam memperluas kepesertaan BPJAMSOSTEK ini kita tidak bisa bekerja sendiri. Harus ada keterlibatan semua pihak,” ungkap Cotta.

Menurut Cotta, dalam sekali kegiatan tersebut BCA membantu perlindungan untuk 15 ribu pekerja. Artinya, BCA turut pula membuka pintu kesadaran bagi 15 ribu pekerja tersebut menjadi sadar manfaat BPJAMSOSTEK. ”Kalau semua berpartisipasi seperti 15 ribu bantuan dari BCA ini, 15 ribu lagi dari perusahaan dan lembaga yang lain dan seterusnya, selesai (perluasan kepesertaan BPJAMSOSTEK). Pekerja rentan akan terlindungi, itu sebenarnya harapannya,” tegasnya.

Baca Juga :

Menurutnya, jika pekerja rentan terlindungi program BPJAMSOSTEK maka jika terjadi risiko kepada pekerja maka dipastikan keluarganya tidak jatuh miskin. Karena BPJAMSOSTEK akan memberikan manfaat normatif sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. ”Ini sejalan dengan program pemerintah yaitu menyejahterakan masyarakat melalui program BPJAMSOSTEK,” ungkapnya.

Menurut Cotta, BCA mendaftarkan 15 ribu pekerja rentan ke dalam dua program perlindungan dasar yaitu JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) dan JKM (Jaminan Kematian) dengan masa perlindungan empat bulan. Dikatakan, bantuan CSR ini sebagai stimulasi iuran kepesertaan program perlindungan. Diharapakan setelah habis masa bantuannya, peserta meneruskan iurannya sendiri agar manfaat perlindungan terus berjalan. Karena, iurannya sangat terjangkau yaitu hanya Rp 16.800 per bulan.

Baca Juga :

Di lokasi yang sama, Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Grogol Bambang Utama mengatakan partisipasi BCA dalam GN Lingkaran adalah langkah yang fenomenal. Menurutnya baru BCA lah yang mengawali gerakan perlindungan terhadap pekerja rentan dari kalangan perbankan swasta.

”Awalnya saya sampaikan kepada manajemen BCA tentang program GN Lingkaran ini agar bagaimana karyawan peduli terhadap pekerja rentan. Saat itu muncul gagasan setiap karyawan membantu Rp 20 ribu per orang dengan jumlah peserta BCA yang terdaftar sekitar 33 ribu di kantor cabang kami berarti sekitar Rp 660 juta untuk GN Lingkaran,” kata Bambang.

Namun dalam kelanjutannya, pihak manajemen BCA tidak mau merepotkan karyawan dan langsung mengawali patisipasi program GN Lingkaran dari dana CSR perusahaan sebesar Rp252 juta untuk perlindungan kepada 15 ribu tenaga kerja rentan khususnya pekerja informal atau bukan penerima upah untuk masa perlindungan selama empat bulan. Bambang berharap bantuan CSR untuk GN Lingkaran tersebut akan berlanjut untuk tahun-tahun berikutnya dan diikuti oleh perusahaan-perusahaan lainnya.

Menurutnya, BCA membantu untuk 15 ribu segmentasi pekerja rentan. Yaitu, dari kalangan sopir angkot, pedagang pasar, ojek online, dan nelayan. ”Kami juga berinisiatif untuk meng-cover marbot masjid dan guru-guru ngaji” cetusnya.(dni)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.