Butuh Kebijakan Proporsional untuk Produk Tembakau Alternatif

indopos.co.id – Mantan Direktur Riset Kebijakan dan Kerja Sama Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Prof. Tikki Pangestu berharap pemerintah dapat membuat kebijakan yang proporsional untuk produk tembakau alternatif di Indonesia.

Menurutnya, itu dilakukan dengan mempertimbangkan profil risiko dari produk ini. Sebab, Tikki menilai produk tembakau alternatif di Indonesia diperlakukan tidak tepat karena pengaturan cukainya relatif lebih tinggi dari rokok.

“Dengan kebijakan yang proporsional, perokok dewasa tentu dapat beralih ke produk tembakau alternatif yang terbukti lebih baik,” ujar Tikki kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Jumat (13/12/2019).

Saat ini, produk tembakau alternatif dikenakan tarif cukai tertinggi sesuai dengan Undang-Undang (UU) Cukai, yaitu 57 persen. Menurutnya, ketetapan cukai sebaiknya proporsional dengan risiko produk.

Mengingat adanya pengurangan risiko sebesar 95 persen pada produk tembakau alternatif, seharusnya produk ini diatur sedemikian rupa, supaya mudah diakses oleh perokok dewasa yang sebagian besar berasal dari kelompok berpenghasilan rendah.

Sementara, Ketua Koalisi Indonesia Bebas TAR (Kabar) Ariyo Bimmo mengatakan, produk tembakau alternatif yang lebih rendah risiko seharusnya mendapatkan dukungan dari pemerintah melalui regulasi khusus yang berbeda dari rokok.

“(Peraturan) yang ada sekarang ini belum cukup kuat mengatur produk tembakau alternatif. Produk ini perlu diperkuat dengan regulasi lainnya sehingga kehadiran produk ini semakin memberikan manfaat,” sebut pria yang juga pengamat hukum itu.

Terkait rencana kenaikan Harga Jual Eceran (HJE) untuk HPTL, Ariyo berharap pemerintah mempertimbangkan kemampuan perokok dewasa untuk menjangkau produk tembakau alternatif dan potensi ekonomi melalui pertumbuhan UMKM dari kehadiran industri ini.

“Kami berharap pemerintah tidak menaikkan beban cukai HPTL sehingga perokok dewasa dapat menjangkau produk yang lebih rendah risiko kesehatannya,” harap Ariyo. (dai)

1 Komentar
  1. mamah muda berkata

    DUPA88 AGEN JUDI ONLINE TERPERCAYA DI INDONESIA dengan pelayanan super cepat,
    Promo BONUS ISTIMEWA (TRIPLE BONUS) sbb :
    – Bonus Welome Cashback 100% (Modal awal kurang beruntung kami ganti 100%)
    – Bonus New Member 20% hingga Rp 2.000.000,-
    – Bonus Next Depo 10% hingga Rp 1.000.000,-
    – Bonus Loyality / Hadir. – Jackpot Sportsbook 100%
    – Bonus Rollover Weekly POKER 0.7% – Bonus Cashback Weekly 7%
    Bisa di klaim berulang kali dalam sehari

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.