Ribuan Mobil Milik Negara di Kabupaten Bekasi Tunggak Pajak

indopos.co.id – Ribuan kendaraan dinas milik negara yang berada dinlingkungan Pemerintah Kabupaten Bekasi tunggak pajak. Rata-rata lama tunggakan itu mencapai 2-3 tahun.

Kalau permasalahan kenapa tidak bayar pajak, kami tidak tahu, yang pasti itu data konkret,” kata Korektor Samsat Kabupaten Bekasi, Agus Ramdan, Jumat (13/12/2019).

Agus menambahkan, sebenarnya jumlah kendaraan yang menunggak pajak sebanyak 8.712 kendaraan. Seluruh kendaraan itu terbagi 6.841 sepeda motor dan 1.871 roda empat (mobil). “Rata-rata lama tunggakannya dua sampai tiga tahun,” katanya.

Padahal, kata dia, pajak kendaraan khusus mobil dinas itu lebih ringan ketimbang mobil pribadi. Sebab untuk kendaraan pelat merah ada subsidinya 0,50 persen dari nilai jual pajak yang diterapkan. “Jenis mobilnya Fortuner, Pajero, dan Avanza, dan masih banyak lagi jenisnya,” ujarnya.

Baca Juga :

Febri Mundur, Ini Komentar Pimpinan KPK

Agus menggambarkan, subsidi 0,50 persen itu dihitung apabila nilai jual di Samsat Rp100 juta, lalu dikali bobot kendaraan perumpamaan 1.300, dan kali 0,50 persen.

“Tapi tergantung tahun dan tipe kendaraan. Yang pasti, angkanya di bawah mobil pribadi, contohnya mobil pribadi Rp3 juta, paling untuk mobil pelat merah hanya Rp1,2 juta. Hitungannya seperti itu, termasuk untuk kendaraan roda dua,” jelasnya.

Baca Juga :

Atas dasar perhitungan itu, indopos berupaya mencari perhitungan potensi pendapatan yang hilang. Bila jumlah 1.871 kendaraan roda empat dikalikan harga pajak per tahun Rp1,2 juta maka angka tunggakan mencapai Rp2,2 miliar per tahun. (dny)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.