Ajari Anak Tugas Rumah Sejak Dini

indopos.co.id – Mengajarkan anak-anak untuk menyelesaikan tugas mereka lebih baik dilakukan sedini mungkin. Untuk balita, Anda dapat membuatnya seperti sebuah permainan, seperti bermain ibu dan ayah.

Anak-anak yang lebih muda mungkin perlu belajar dari awal melalui pengamatan atau pelatihan. Pujian harus didasarkan pada upaya, bukan kesempurnaan pada awalnya. Hal itu juga berlaku bagi anak-anak lebih besar yang juga baru memperlajaru tugas-tugasnya.

Baca Juga :

Jika anak-anak Anda lebih tua, seperti remaja, pendekatan berbeda mungkin diperlukan untuk memperkenalkannya pada dunia tanggung jawab pribadi. Robert Meyers, seorang psikolog klinis anak dan remaja, menyarankan perlu diadakannya pertemuan keluarga untuk membahas masalah tersebut. Orang tua juga harus terbuka pada saran yang diberikan anak-anak.

Buatlah rencana yang disetujui semua orang. Anda juga dapat membuat daftar periksa tugas utnuk semua anggota keluarga, yang berarti termasuk juga orang tua.

Baca Juga :

Menurut Child Development Institute, hal itu dimaksudkan untuk menjadi pengingat, memberikan akuntabilitas, dan menunjukkan bahwa seluruh anggota keluarga berusaha keras. Melihat semua yang dilakukan orang tua selain mencari nafkah bisa menjadi ‘pembuka mata’ bagi anak-anak.

Setelah Anda menyetujui sebuah rencana, Anda harus menggunakan pujian atas pencapaian anak dan mengingatkan jika ada kekurangan. Terkadang, pengingat mungkin perlu dinyatakan beberapa kali. Perangkat atau alat bermain apa pun tidak boleh digunakan sampai tugas selesai dikerjakan.

Baca Juga :

Bunda, Biarkan Anak Main di Luar

Lagi-lagi, usaha adalah hal yang harus diperkuat. Ada dua teknik yang mungkin berhasil. Pertama adalah ‘peraturan nenek’ dengan pernyataan ‘ketika tugas selesai, kamu bisa menggunakan ponselmu’. Teknik yang lain adalah ‘pecahkan rekor’ dengan pernyataan ‘ingat, peraturannya adalah untuk selesaikan tugasmu sebelum mendapatkan waktu pribadi, tentu saja tugas harus didahulukan dibandingkan bersenang-senang’

Menjadi tegas bukanlah dengan berteriak atau merasa kecewa. Anda hanya memerlukan konsistensi yang tenang. Selain itu, pekerjaan rumah TIDAK BOLEH digunakan sebagai hukuman atas perilaku tidak baik.

Tugas-tugas harus diberikan sesuai dengan perkembangan anak Anda. Balita berusia 2-3 tahun harus bisa menyimpan mainan mereka, meletakkan pakaian di keranjang, dan mengisi mangjuk makanan hewan peliharaan.

Anak-anak pra sekolah yang berusia 3-5 tahun dapat membantu membersihkan meja, menyirami bunga, atau membersihkan debu dengan kain. Untuk anak-anak sekolah dasar yang berusia 6-9 tahun, Anda dapat mengajarkan mereka untuk menyapu lantai, mencuci piring, dan membersihkan kamar tidur mereka.

Untuk siswa sekolah menengah, berusia 10-13 tahun, sebaiknya diajarkan untuk memcuci peralatan keluarga, menyiapkan makanan, dan membuang sampah. Siswa sekolah menengah atas sebaiknya diajarkan untuk membersihkan kulkas, memotong rumput, dan menyeterika pakaian.

Tidak ada kata terlambat untuk membantu anak-anak Anda belajar mandiri dan lebih bertanggung jawab. Pada akhirnya, mereka mungkin akan berterima kasih karena telah membantu mereka dalam memperoleh keterampilan berharga dan mengembangkan sifat-sifat yang mengagumkan. Hal ini sangatlah penting untuk kehidupan yang bahagai dan sukses. (fay)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.