Peduli Lingkungan, Pemerintah Ajak Sektor Manufaktur Terapkan Industri Hijau

indopos.co.id – Kementerian Perindustrian (Kemenperin) proaktif mengajak pelaku industri di dalam negeri menerapkan prinsip industri hijau. Perusahaan manufaktur terus didorong ke arah industri hijau.

“Hal itu seiring dengan semakin tingginya kepedulian pasar terhadap kelestarian lingkungan dan pembangunan yang berkelanjutan. Secara bertahap dan pasti, pengakuan industri hijau sudah merupakan salah satu penentu faktor daya saing,” ujar Sekretaris Jenderal Kemenperin Achmad Sigit Dwiwahjono, pada acara Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau, Rintisan Teknologi, Litbang Unggulan, Penyerahan Sertifikat Industri Hijau dan Pemenang Sarana Penelitian Industri Terapan (SPIRIT) 2019 di Jakarta, Senin (16/12/2019).

Lebih lanjut dia mengatakan, prinsip industri hijau adalah upaya terus menerus untuk meningkatkan sistem produksi. Hal itu agar semakin efisien dan lebih ramah lingkungan. Dengan menerapkan praktik terbaik dalam hal manajemen perusahaan, maupun dalam pemilihan teknologi.

“Kami terus mendorong industri nasional untuk menerapkan industri hijau melalui perbaikan, efisiensi, dan efektivitas produksi, dengan pendekatan no cost, low cost, ataupun high cost,” ujar Achmad.

Baca Juga :

Semester I-2020, Permintaan Semen Anjlok

Oleh karena itu, guna mengapresiasi pelaku industri manufaktur yang sudah berorientasi industri hijau, Kemenperin menggelar kegiatan Penganugerahan Penghargaan Industri Hijau.

“Penghargaan Industri Hijau merupakan salah satu program yang dilakukan setiap tahun dengan tujuan memberikan manfaat yang cukup signifikan terhadap proses produksi perusahaan industri,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.