Presiden Joko Widodo Tinjau Calon Ibu Kota Negara

indopos.co.id – Rencana pemindahan ibu kota negara ke Provinsi Kalimantan Timur, saat ini menjadi buah bibir masyarakat di Indonesia. Nampaknya hal tersebut sedang disiapkan serius oleh pemerintah. Terbukti, Selasa (17/12/2019) Presiden Republik Indonesia Joko Widodo meninjau langsung lokasi calon ibu kota baru Indonesia tersebut yang berada di kawasan konsesi Hak Pengusahaan Hutan (HPH) PT ITCI, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara.
.
Dalam keterangannya, Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa pemerintah saat ini tengah melakukan finalisasi kebutuhan lahan. “Sudah di putuskan luasan lahan untuk IKN 256.000 hektare yang akan dipakai dan dicadangkan untuk kawasan ibu kota. Kemudian kawasan intinya ada 56.000 hektare dan untuk kawasan pemerintahnya 5.600 hektare, kira-kira titiknya ada di sini tapi istana ada dimana, kantor ini ada di mana yang menentukan arsitek dan urban planner,” ujar Presiden Joko Widodo.
.
“Setelah desain gagasan diputuskan kemudian digambar secara detail mungkin dalam waktu 6 bulan dan kita perkirakan pertengahan tahun 2020 pembangunan infrastruktur sudah akan dimulai,” tambah Joko Widodo.
.
Sebagai institusi yang memegang mandat dalam pelaksanaan administrasi pertanahan di Indonesia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang(ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN), mempunyai andil sangat besar dalam kelangsungan perencanaan pemindahan ibu kota negara (IKN) ini.

Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan A. Djalil dalam kesempatan peninjauan IKN mengungkapkan kepada awak media bahwa Kementerian yang dipimpinnya tengah merampungkan inventarisasi penggunaan lahan IKN. “Kementerian ATR/BPN sekarang sudah melakukan perampungan proses inventarisasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah (IP4T) pada lahan yang akan dibangun menjadi ibu kota negara,“ ujar Sofyan A. Djalil.
.
Turut hadir dalam peninjauan IKN ini beberapa Menteri Kabinet Kerja diantaranya Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Menteri BUMN Erick Thohir, dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung. (srv)

 

Baca Juga :

661 RTLH di Kabupaten Bayuasin Selesai Dibedah

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.