BMKG Imbau Masyarakat Waspada Potensi Hujan Lebat dan Angin Kencang

indopos.co.id – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin kencang yang diprediksi berlangsung dalam tiga hari ke depan (17-19 Desember) di beberapa wilayah Indonesia.

Informasi dari Humas BMKG Taufan Maulana yang diterima di Jakarta, Rabu (18/12/2019) terdapat sirkulasi Siklonik di Laut Natuna (925/700mb), Samudera Pasifik utara Papua (925/850mb), dan di Australia bagian Utara (925/850mb).

Baca Juga :

Adanya konvergensi memanjang dari Laut Jawa, Kalimantan bagian selatan, Sulawesi bagian tengah, Maluku Utara bagian selatan hingga Papua Barat. Belokan angin memanjang di sekitar wilayah Khatulistiwa serta low level jet dengan kecepatan angin terpantau lebih dari 25 kt terdapat di Samudra Pasifik Timur Filipina, Filipina, dan Laut Cina Selatan.

Untuk wilayah yang berpotensi dilanda hujan lebat yakni Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara.

Kondisi ini sudah berlangsung sejak Selasa (17/12/2019) di Sumatera Utara, Bengkulu, Lampung, Banten, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah, Maluku.

Sedangkan pada Kamis besok (19/12/2019) diprediksi hujan lebat di wilayah Bengkulu, Lampung, Jawa Tengah, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan Maluku.

Baca Juga :

Sementara hujan lebat disertai angin kencang berpotensi terjadi sejak Selasa (17/12/2019) hingga siang ini di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Selatan, Papua.

Kondisi ini masih berpotensi terjadi di wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Jawa Barat, Jabodetabek, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Papua hingga Rabu (18/12/2019).

Untuk wilayah Aceh, Sumatera Selatan, Riau, Jambi, Jawa Barat, Yogyakarta, NTB, NTT, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Papua diprediksi masih berpeluang terjadi hujan lebat disertai angin kencang dan petir pada Kamis (19/12/2019).

“BMKG mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan,” katanya. (ant)

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.