Semangat Bea Cukai Dalam Wujudkan Birokrasi Bebas Korupsi dan Bersih Melayani

indopos.co.id –  Dalam kurun waktu setahun pada 2019, Bea Cukai dari berbagai wilayah telah mencanangkan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih melayani. Hingga akhir tahun, beberapa unit kerja terus menambah daftar kantor di instansi Bea Cukai yang telah mencanangkan ZI.

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Bea Cukai, Syarif Hidayat, mengungkapkan bahwa unit kerja yang baru saja menyusul dalam pencanangan ZI antara lain, Bea Cukai Maumere, Bea Cukai Parepare, Bea Cukai Ketapang, Bea Cukai Pasuruan, Bea Cukai Sidoarjo dan Bea Cukai Willayah Jawa Timur I.

“Zona integritas merupakan salah satu persyaratan untuk menuju Kantor Bea Cukai dengan predikat bebas korupsi dan wilayah bersih melayani. Pencanangan ini telah dilaksanakan oleh beberapa unit kerja lain, sebagaimana telah diamanahkan oleh Menteri Keuangan dalam peraturannya tentang pedoman pembangunan zona integritas menuju wilayah bebas korupsi di lingkungan Kementerian Keuangan,” ungkap Syarif.

Pada hari Rabu (04/12), pencanangan ZI dilakukan oleh Bea Cukai Maumere. “Dengan pembangunan zona integritas menuju WBK dan WBBM pada hakekatnya adalah untuk menegaskan komitmen kami sebagai aparatur sipil negara untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat dan mendorong tingkat kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah khususnya kepada Bea Cukai,” Ujar Tommy Hutomo, Kepala Kantor Bea Cukai Maumere.
Kemudian pada Selasa (10/12) hingga Kamis (12/12), empat unit kerja turut menyusul Bea Cukai Maumere dalam mencanangkan ZI tersebut.

Diawali oleh Bea Cukai Parepare pada Selasa (10/12) yang merayakan hari anti korupsi sedunia melalui pencanangan pembangunan ZI, yang juga dirangkaikan dengan kegiatan pemusnahan rokok ilegal atas hasil penindakan periode 2019. Kemudian pada Rabu (11/12), Bea Cukai Ketapang juga melakukan pencanangan ZI sekaligus pemusnahan rokok dan miras ilegal yang merupakan hasil penindakan pada periode 2018. Tidak ketinggalan, Bea Cukai Sidoarjo dan Bea Cukai Wilaya Jawa Timur I juga mencanangkan ZI pada Kamis (12/12).

Kegiatan pendeklarasian ZI ini ditandai dengan dibacakannya pencanangan zona integritas di hadapan tamu undangan yang hadir, serta diikuti penandatanganan piagam pencanangan ZI oleh masing-masing Kepala Kantor.

Pencanangan yang telah dilakukan Bea Cukai di berbagai daerah tersebut merupakan bukti keseriusan dan semangat Bea Cukai dalam mewujudkan birokrasi pemerintahan yang bebas dari korupsi dan melayani dengan bersih. (adv)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.