BPJAMSOSTEK Jemput Iuran Peserta di Pasar Ikan

indopos.co.id – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Rawamangun berinisiatif untuk menjemput iuran peserta. Penjemputan iuran salah satunya dilakukan di Pasar Ikan, Jatinegara, Jakarta Timur pada Minggu (22/12/2019).
”Layanan jemput bola ini kami lakukan demi membantu peserta agar terjaga keaktifan kepesertaannya. Tujuannya agar manfaat perlindungan dari program BPJAMSOSTEK juga tetap aktif setiap saat,” ungkap Pejabat Pengganti Sementara (PPS) Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Rawamangun Irsan Sigma Octavian.

Jika iuran tidak tertib maka, sistem layanan manfaat perlindungannya akan tertanggu atau tidak serta merta bisa digunakan. Misalnya jika terjadi kecelakaan kerja seharusnya peserta bisa langsung ditangani di rumah sakit mitra Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) dengan program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja). ”Tetapi akibat iurannya menunggak maka program JKK-nya berstatus menunggak sehingga manfaatnya tidak bisa langsung digunakan atau di reimburse setelah tunggakan tersebut lunas. Nah kami ingin mencegah hal tersebut menimpa pada peserta kami,” ungkapnya.

Baca Juga :

Irsan mengatakan, dengan kegiatan tersebut pihaknya juga memberikan edukasi mengenai literasi perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan. Yaitu menyadarkan pekerja maupun peserta betapa pentingnya memiliki status kepesertaan dan manfaat perlindungan yang selalu aktif atau tertib iuran. ”Kita ingin menyadarkan kepada peserta mengenai risiko kerja seperti kecelakaan kerja bisa datang menimpa siapa saja dan kapan saja. Maka kita tekankan betapa pentingnya mengantisipasi risiko sejak dini ibaratnya sedia payung sebelum hujan,” pungkasnya.

Menurut Irsan, pedagang Pasar Ikan Jatinegara terdaftar kepesertaan formal atau kategori penerima upah (PU). Mereka terdaftar dalam tiga program yaitu program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja), JKM (Jaminan Kematian) dan Jaminan Hari Tua (JHT). Peserta di Pasar Ikan Jatinegara tersebut rata-rata menunggak empat bulan.

” Kegiatan jemput bola penagihan iuran ini rutin kita lakukan baik pada perusahaan ataupun peserta mandiri,” tuturnya.(dni)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.