Dekorasi Katedral Angkat Kekayaan Budaya, Jemaat Khidmat Ikuti Misa Malam Natal

indopos.co.id – Ribuan jemaat Gereja Katedral Jakarta yang memenuhi ruang aula utama hingga halaman, beribadah misa malam Natal tampak khidmat, Selasa malam (24/12/2019).

Misa pertama pukul 16.30 WIB dipimpin Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, Romo Joannes Maryana serta Romo Yoseph Kristanto. Sementara misa kedua pada pukul 19.30 WIB dipimpin oleh Romo Bernadus Christian Triyudo Prastowo, Romo Fransiskus Xaverius Adisusanto dan Romo Yusuf Edi Mulyono.

Baca Juga :

Ibadah Misa dimulai dengan prosesi Perarakan Bayi Yesus, kemudian menyanyikan “Betlehem B`rikan Pintumu” dilanjutkan Maklumat Kelahiran Yesus, menyanyikan “Malam Kudus”, doa suami-istri, doa anak-anak, doa kaum muda, Tanda Salib dan Salam Pembuka serta Seruan Tobat.

Di sela misa kedua tersebut, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) hadir dan memberikan pesan agar jemaat menjaga persatuan.

Baca Juga :

“Pesan kami kepada kita semua, mari kita terus rawat untuk bisa terus menghadirkan persatuan di Ibu Kota Jakarta,” ujar Anies sebelum misa berlangsung. Awal kehadirannya, khidmat cukup terganggu karena banyaknya pewarta berebut mengambil foto Anies.

Ada pun misa selanjutnya akan digelar pada pukul 22.00 WIB dengan dipimpin Romo Christoforus Kristiono Puspo, Romo Managamtua Heribertus Simbolon dan Romo Yosep Fristian Yulianto.

Baca Juga :

MAKI Kecewa Tuntutan Jaksa terhadap Pinangki

Sementara pada saat Natal 25 Desember 2019, terdapat empat misa, yakni misa pagi pada pukul 07.00 WIB, misa pontifikal pada pukul 09.00 WIB, misa keluarga pada pukul 11.00 WIB dan misa keluarga pada 17.00 WIB. Natal 2019 bertema “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang”.

Dekorasi perayaan Natal 2019 di Gereja Katedral Jakarta mengangkat kekayaan budaya Indonesia untuk membangkitkan rasa persaudaraan dan persatuan. “Tema dekorasi ‘Nusantara Merayakan Natal’, ada kain motif Nusantara dari berbagai daerah,” ujar Humas Keuskupan Agung Jakarta Susyana Suwadie di Jakarta, Selasa (24/12/2019).

Di Plaza Kristus Raja, nampak jajaran boneka kayu setinggi 120 cm sebanyak delapan pasang yang berbaju Jawa, Betawi, Batak, Flores, Papua, Dayak dan Bali serta budaya Tionghoa.

Dekorasi tersebut juga sesuai dengan tema Natal 2019 “Hiduplah sebagai sahabat bagi semua orang” dengan pesan untuk menawarkan persahabatan di luar sekat-sekat kesukuan.

Selain dekorasi berbau budaya Indonesia, pohon Natal berbahan jerami juga menghiasi halaman Gereja Katedral Jakarta. Sejumlah ornamen pun dapat didaur ulang untuk dipakai Natal selanjutnya.

“Gerakan daur ulang sudah kami terapkan dalam keseharian di Katerdral, misalnya kami sudah tanpa botol plastik,” ujar Susyana.

Ada pun jemaat Gereja Katedral Jakarta masih terus berdatangan untuk mengikuti misa malam Natal terakhir pada pukul 22.00 WIB.

Sementara saat Natal 25 Desember 2019, terdapat empat misa, yakni misa pagi pada pukul 07.00 WIB, misa pontifikal pada pukul 09.00 WIB, misa keluarga pada pukul 11.00 WIB dan misa keluarga pada 17.00 WIB. Pada misa keluarga, terdapat operet singkat pembangkitan yang akan ditampilkan.

Pada saat Natal, diperkirakan jemaat paling banyak hadir pada misa pukul 09.00 dan 11.00 WIB dengan penyampaian khotbah Natal oleh Kardinal Ignatius Suharyo. Para jemaat dapat memarkirkan kendaraannya di tempat parkir yang disediakan Kantor Pos Besar Pasar Baru, Sekolah Santa Ursula mau pun Masjid Istiqlal. (ant)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.