Sertifikasi Online Mudahkan Pekerja Pertambangan Tingkatkan SDM

indopos.co.id – Direktur Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Energi Mandiri, Rinto Andrianto mengatakan di Indonesia setiap tahun ada sekitar 20 ribu pekerja tambang yang membutuhkan sertifikasi. Pihaknya mengapresiasi diluncurkannya sertifikasi online. Hal itu iharapkan jumlah pekerja yang kompeten bisa melebihi target.

“Sertifikasi online juga merupakan salah satu upaya kami untuk meningkatkan SDM sesuai nawa cita Presiden Joko Widodo,” ujarnya di Jakarta, Selasa (31/12/2019).

Baca Juga :

Untuk diketahui Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Energi Mandiri meluncurkan program sertifikasi online untuk para pekerja tambang Dan Energi terbarukan, Selasa (31/12/2019).

Ketua Komite Skema Sertifikasi LSP Energi Mandiri Agus Sutarna mengatakan, sertifikasi dibuat dibuat untuk memudahkan para pekerja tambang mendapatkan Sertifikat.

Baca Juga :

Pasalnya selama ini proses sertifikasi dilakukan dengan mendatangi para pekerja yang kebanyakan berada di pulau yang jauh bahkan tidak terlihat di peta.

“Selain alasan di atas, sertifikasi online juga merupakan jawaban atas perkembangan zaman,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus memastikan bahwa proses sertifikasi online tidak mengurangi mutu dari pada sertifikasi yang sudah sudah. Pasalnya pekerja yang ingin mendapatkan sertifikat harus memiliki tiga syarat mutlak.

Ketiga syarat tersebut yakni. Bukti tidak langsung yang merupakan portofolio dari seorang pekerja. Portofolio ini merupakan track record dari pekerja selama beraktifitas di dunia pertambangan.

Yang kedua yakni bukti langsung yaitu demonstrasi, dimana pekerja melakukan serangkaian ujian praktek bisa berupa video atau menyiarkan langsung saat melakukan ujian praktek. Dan yang ketiga yaitu bukti tambahan seperti Sertifikat lain yang dimiliki seorang pekerja.

“Dapat kami pastikan sertifikasi online tidak mengurangi mutu,” pungkasnya. (dai)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.