Empati Berdatangan, Darling Dompet Dhuafa Menerima Bantuan dari Masyarakat untuk Penyintas Banjir

indopos.co.id  – Berbagai bentuk kepedulian lapisan masyarakat terhadap banjir yang terjadi sangat besar untuk pemulihan korban banjir. Mulai dari ikut terjun langsung ke daerah banjir sampai memberikan penyaluran donasi terus mengalir. Pada Sabtu (4/1/2020), Ertiga Club Indonesia Depok menyerahkan donasi kepada Dompet Dhuafa di Pos Dapur Keliling (Darling) Dompet Dhuafa yang berada di pengungsian Cipinang Melayu.

“Alhamdulillah, kita ada sekitar 150 member di Depok, dan sejak hari pertama banjir, kita terpanggil untuk ikut bisa membantu. Kami himpun bantuan ini bersama dan kita salurkan langsung Darling yang ada di Cipinang ini, semoga bisa membantu warga,” terang Syarif, Sekjend ERCI Chapter Depok.

Adanya banjir memanggil jiwa kemanusiaan masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Melihat saudaranya tertimpa musibah banjir, mereka bergerak secara swadaya untuk mengumpulkan bantun. Tak lama setelah ERCI Depok, beberapa pemuda datang dari ikatan alumni mahasiswa Borobudur. Tujuan mereka sama, yaitu menyalurkan bantuan dari kalangan alumni kampus yang digunakan warga sekitar sebagai pengungsian tersebut.

“Kami terpanggil kak, apalagi kampus kita bisa dijadikan posko pengungsian, warga tentunya membuthkan bantuan,” Andre jelas salah satu mahasiswa.

Sudah empat hari, ratusan warga dari kelurahan Cipinang Melayu mengungsi di pelataran Masjid Raya Universitas Borobudur, Jakarta Timur. Hujan deras yang mengguyur Jakarta sekitarnya pada malam tahun baru, mengakibatkan rumah mereka terendam. Alhasil, tidak ada pilihan selain bertahan di pengungsian, sampai kondisi cuaca kembali normal.

“membangun semangat kepedulian menjadi sangat penting untuk bersinergi dengan banyak pihak membantu korban banjir, aplagi dengan wilayah terdampak yg meluas”ucap ujar Ahmad Shonhaji, selaku Direktur Budaya dan Dakwah Dompet Dhuafa.

Dompet Dhuafa sejak hari pertama, telah melakukan intervensi berioa bantuan evakuasi hingga logistic di wilayah Cipinang Melayu. Satu unit Dapur Keliling (Darling) disiap siagakan memeberikan asupan makanan kepada penyintas.Terlihat masih banyak korban banjir yang belum terevakuasi. DMC Dompet Dhuafa juga membuka call center bagi masyarakat yang membutuhkan bantuan di 021 – 27592116.

Info DMC Dompet Dhuafa
📍Jl. Menjangan Raya No.130, Pondok Ranji, Ciputat Timur, Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten 15412 (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.