Dukung Pemberantasan Narkoba, IBSW Sambangi Polda Metro Jaya

indopos.co.id – Indonesian Bureaucracy and Service Watch (IBSW) Pusat menyambanggi Direktorat Reserse Narkoba Polda Metro Jaya, Selasa (7/1/2020).

Ketua IBSW Pusat Nova Andika mengatakan, kunjungan ini merupakan bentuk dukungan terhadap pemberantasan narkoba yang dilakukan tim gabungan Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya, Markas Besar Kepolisian Republik Indonesia (Mabes Polri) dan Badan Narkotika Nasional (BNN) melalui razia yang dilakukan di New Monggo Mas, Sabtu (28/12/2019).

Baca Juga :

Sebagai bentuk tindak lanjut, IBSW menyatakan sikap yang terdiri dari enam poin. Pertama, memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi-tingginya kepada aparat penegak hukum yang menemukan fakta peredaran narkoba di New Monggo Mas dan mengumumkannya kepada publik maupun ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang berwenang mengeluarkan dan mencabut izin.

“Kami memandang razia ini sangat penting untuk memastikan apakah tempat hiburan tersebut dijadikan tempat transaksi narkoba atau adanya peredaran narkoba yang melibatkan manajemen atau tidak,” ujarnya kepada INDOPOS melalui pesan tertulis, Selasa (7/1/2020).

Kedua, mendesak Pemprov DKI, khususnya Gubernur dan pihak terkait lainnya untuk menindak tegas setiap usaha hiburan malam lainnya yang terbukti terdapat penyalahgunaan narkoba di lingkunganya yang melibatkan manajemen.

Ketiga, meminta aparat kepolisian, BNN dan pihak terkait lainnya untuk secara rutin merazia dan pemeriksaan terhadap seluruh tempat hiburan tanpa pandang bulu. Berdasarkan catatan dan investigasi IBSW, banyak tempat hiburan yang terindikasi kuat diduga terdapat peredaran narkoba.

Keempat, mendukung Polda dan BNN untuk melakukan penelusuran mendalam akses peredaran narkoba dari hulu hingga hilir. Selanjutnya, menangkap para pengedar hingga ke akar berdasarkan penyelidikan yang didapat dari pengunjung yang terbukti positif sebagai pemakai.

“Hal ini agar tidak terjadi lagi fitnah merugikan kepada hiburan malam yang terbukti disiplin dan bersih dalam menegakan komitmen anti-narkoba,” tegasnya.

Kelima, mendesak Pemprov DKI untuk berkomitmen dan bersinergi di antara pemangku kepentingan, di antaranya Polda Metro Jaya, BNNP DKI, DPRD DKI, dan Asosiasi Pengusaha Hiburan Malam agar lebih melakukan komunikasi dan koordinasi komprehensif menuju tercipta iklim usaha yang kondusif.

Terakhir, IBSW akan terus memonitor keseriusan Pemprov DKI, DPRD DKI, BNNP DKI, Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya dan Polri untuk secara tegas tanpa pandang bulu, menekan dan memberantas peredaran narkoba tersebut.

Adapun, pada razia di New Monggo Mas itu ditemukan peredaran narkoba yang ditandai dengan ditangkapnya seorang bandar dan petugas keamanan (security) yang bertindak sebagai pengedar barang haram itu di tempat tersebut.

Hal itu langsung ditindak tegas Pemprov DKI dengan mencabut Tanda Daftar Usaha Pariwisata (TDUP) New Monggo Mas pada 6 Januari 2020, berdasarkan Surat Keputusan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) No. 149 Tahun 2019. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.