Ini Alasan Seseorang Sering Mengantuk Ketika Hujan

indopos.co.id – Pernahkah Anda merasakan kantuk yang amat sangat saat hujan atau ketika hujan? Atau, apakah Anda merasa malas beraktivitas ketika hujan? Anda mungkin merasa hanya ingin meringkuk di tempat tidur dan bermalas-malasan. Tentu Anda tidak sendirian. Namun, semua itu bukan hanya kebetulan. Ternyata, ada alasan ilmiah tentang mengapa orang seringkali merasa mengantuk ketika hujan.

Michelle Drerup, Direktur Behavioral Sleep Medicine di Klinik Cleveland, mengatakan kepada Bustle bahwa kurangnya sinar matahari yang datang bersama hujan adalah faktor utama peningkatan kantuk.

Baca Juga :

“Ketika kita terkena sinar matahari, kelenjar pineal kita melepaskan lebih sedikit melatonin, dan kita merasa lebih terjaga,” jelas Drerup. “Jadi pada hari hujan dan berawan, di mana kita tidak bisa berada di bawah sinar matahari, kita cenderung merasa lelah,” tambahnya.

Drerup mengatakan bahwa sinar matahari juga meningkatkan serotonin. Itu berarti bahwa perasaan lemas juga disebabkan oleh keseimbangan cairan otak dalam tubuh, di mana tubuh memproduksi lebih sedikit serotonin di hari-hari tanpa matahari. Fakta bahwa lebih sedikit matahari akan menurunkan bukan hanya energi tetapi juga kebahagiaan mungkin bukan hal mengejutkan. Tetapi itu adalah pengingat agar semua orang harus mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Baca Juga :

Faktor lain yang menyebabkan rasa kantuk saat di saat hujan adalah kelembaban. Menurut Drerup, hujan akan membuat udara terasa berat dan lengket. “Kelembabannya dapat membuat lelah secara fisik karena mekanisme yang digunakan tubuh untuk tetap dingin,” kata Drerup.

Salah satu kontributor yang tidak asing lagi adalah kenyataan bahwa di saat hujan, sebuah objek yang sedang diam akan tetap diam. Pada dasarnya, jika Anda bangun dan memutuskan untuk menghabiskan waktu di rumah seharian tanpa melakukan aktivitas apapun, Anda akan mudah merasa kedinginan. Hal itu tentu saja akan membuat tidur siang menjadi pilihan.

Baca Juga :

Berbeda jika Anda memiliki kegiatan yang harus dilakukan. Namun, Drerup mengatakan ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menghindari kantuk di saat hujan seperti olahraga ringan dan mendapat cukup cairan.

Drerup mengatakan untuk tetap terhidrasi meskipun sedang hujan. Tetapi berhati-hatilah  dengan asupan kafein. Meskipun pada dasarnya kopi memberikan efek stimulan yang dapat meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kelelahan, dampaknya hanya akan bertahan selama satu jam pertama. Beberapa orang mungkin akan mengalami ‘kemacetan’ saat kafein meninggalkan sistem mereka.

Terkadang, sulit untuk menghindari tidur siang di saat hari hujan. Drerup mengatakan bahwa Anda bisa tidur siang, tetapi perhatikan waktu dan lamanya. Ia menganjurkan untuk tidur siang selama 10 hingga 30 menit. Drerup juga mengatakan bahwa sebaiknya seseorang tidak tidur siang jika itu akan mengganggu jadwal tidur normal harian Anda. (fay)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.