Polda Metro Jaya Peduli Lingkungan, Tanam Seribu Pohon di Hutan Kota

indopos.co.id – Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menanam 1.000 pohon di Kawasan hutan kota Kemayoran, Jakarta Utara, Jumat (10/1/2020). Kapolda Metro Jaya Irjen Polisi Nana Sudjana mengatakan penanaman pohon ini merupakan upaya mengurangi pemanasan global dan musim kemarau beberapa bulan lalu.

Program yang dicanangkan Kapolri itu sangat tepat sehingga semua orang dapat mencintai alam dan lingkungan. Setiap tahun selalu ada banjir dan genangan air di Jakarta ketika musim hujan.

Penanaman pohon itu dilakukan oleh jajaran Polri, TNI dan unsur Pemerintah Kota Jakarta Utara bersama masyarakat. “Penghijauan merupakan hal penting yang sangat membantu untuk masyarakat dan lingkungan,” kata Kapolda Metro Jaya Nana Sudjana di sela menanam pohon.

Kepolres Jakarta Utara, Kombes Polisi Budhi Herdi mengatakan lahan yang akan ditanami di PPK Kemayoran, awalnya merupakan lahan tidur seluas 23 hektare. “Dulunya adalah lahan tidur, dicoba difungsikan kembali untuk memperbaiki ekosistem lingkungan,” kata Kapolres.

Kapolres menyatakan program Polri peduli penghijauan dengan gerakan penanaman seribu pohon sangat tepat. Program itu ikut membantu dalam menjaga ekosistem lingkungan.

Polres Metro Jakarta Selatan pada Jumat menanam 1.500 bibit pohon di Taman Margasatwa Ragunan dalam rangka mendukung program kerja Kapolri, yakni “Polri Peduli Penghijauan,” imbuhnya.

Penanaman dipimpin oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama dan Wali Kota Jakarta Selatan Marullah Matali serta Dandim 0504 dan diikuti seluruh jajaran Polres dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda). “Penanaman ini dilakukan serentak di Polres dan seluruh jajaran Polsek di wilayah Jakarta Selatan. Ini program Kapolri, yakni ‘Polri Peduli Penghijauan’,” kata Bastoni.

Menurut Bastoni, Kapolri menginstruksikan jajarannya untuk melakukan penanaman serentak adalah sebagai wujud kepedulian Polri terhadap lingkungan saat ini. Penanaman tersebut bertujuan untuk menjaga ekosistem, mengantisipasi banjir dan untuk keseimbangan alam.

“Menanam pohon juga sebagai warisan untuk anak cucu kita di masa akan datang, jangan sampai kita meninggalkan bumi yang rusak untuk mereka,” kata Bastoni.

Hujan gerimis tidak menyurutkan semangat anggota Polres Metro Jakarta Selatan beserta pihak terkait tetap melakukan penanaman pohon di sejumlah titik yang telah disediakan.

Penanaman dipusatkan di Taman Margasatwa Ragunan sebagai ikon Jakarta sehingga bisa menggaungkan kepada masyarakat untuk sama-sama peduli lingkungan.

Adapun jenis pohon yang ditanam adalah pohon produktif seperti buah-buahan dan berkayu keras seperti pohon mangga, rambutan, jambu, kelengkeng, trembesi, ketapang dan masih banyak lainnya.

Bastoni mengatakan 1.500 pohon tersebut ditanam secara bertahap dan ditargetkan tuntas seluruhnya ditanam hingga minggu depan. “Karena keterbatasan lahan dan juga personel yang menanam maka dilakukan bertahap, target penanaman selesai minggu depan,” kata Bastoni.

Penanaman pohon ini bukan yang pertama kali dilakukan. Penanaman juga telah dilakukan jajaran Polres Metro Jakarta Selatan sejak dua minggu yang lalu. “Ke depan penanaman ini akan jadi agenda rutin jajaran Polres Metro Jakarta Selatan karena menanam pohon sama dengan menanam kebaikan. “Apalagi kalau pohonnya tumbuh dan terawat,” kata Bastoni. (ant)

 

 

 

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.