BPJAMSOSTEK Tanggung Penuh Biaya Pengobatan Kecelakaan Kerja Petugas PPSU Gondangdia

indopos.co.id — Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) Jakarta Kebon Sirih mengunjungi petugas PPSU (Penanganan Prasarana dan Sarana Umum) Kelurahan Gondangdia di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Minggu (12/1/2020). Petugas tersebut menjadi korban kecelakaan yaitu ditabrak mobil saat bertugas menyapu jalan.

Kepala Kantor Cabang (Kakacab) BPJAMSOSTEK Jakarta Kebon Sirih Tonny W.K. mengatakan, petugas PPSU Kelurahan Gondangdia adalah peserta aktif BPJAMSOSTEK dengan iuran ditanggung oleh Pemprov DKI Jakarta. Dengan begitu, seluruh petugas PPSU selalu dilindungi oleh program-program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan salah satunya dalah program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK).

”Turut prihatin dengan kecelakaan yang dialami oleh saudara Yocky Purnama saat sedang menjalankan tugas sebagai PPSU Kelurahan Gondangdia. Biaya pengobatan 100 persen ditanggung oleh BPJAMSOSTEK. Ini merupakan salah satu contoh pentingnya perlindungan kecelakaan kerja bagi setiap pekerja termasuk PPSU yang ada di DKI Jakarta,” terang Tonny di sela-sela kunjungan.

Menurut Tonny, manfaat program JKK sangatlah besar. Peserta yang kecelakaan kerja dipulihkan sampai sembuh di rumah sakit tanpa diberlakukan batasan biaya dan batasan waktu perawatan atau unlimited. ”Seluruh risiko pekerjaan para pekerja yang menjadi peserta BPJS Ketenagkerjaan ditanggung oleh negara melalui BPJAMSOSTEK,” tegasnya.

Baca Juga :

Sementara itu kecelakaan yang menimpa petugas PPSU bernama Yocky Purnama berawal saat dirinya melaksanakan tugas pagi menyapu Jalan Samratulangi Kelurahan Gondangdia. Yocky
ditabrak oleh minubus yang melintas. Korban kemudian dilarikan ke IGD Puskesmas Kecamatan Menteng untuk medapatkan pertolongan pertama.

Dia kemudia dirujuk ke IGD RS Cipto Mangunkusumo untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Camat Menteng Jakarta Pusat Edi Suryaman yang didampingi Lurah Gondangdia M. Hari Ananda saat membesuk korban mengapresiasi langkah cepat penanganan kecelakaan kerja dari BPJAMSOSTEK.

“Saya apresiasi kecepatan proses penanganannya dan biaya 100 persen yang ditanggung oleh BPJAMSOSTEK,” ucap Edi.(dni)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.