Cegah Korupsi, KPK Gandeng Kemenko Maritim dan Investasi

indopos.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengatakan, pihaknya menguatkan kerja sama dan sinergitas dengan Kementerian Koordinator (Kemenko) Maritim dan Investasi. Yakni terkait pencegahan koruptor di bidang investasi.

“Kementerian Maritim dan Investasi merupakan kementerian yang strategis karena investasi sekarang dikelola oleh kementerian ini,” ujar Firli, saat menyambangi kantor Kemenko Maritim dan Investasi di Jakarta, Rabu (15/1/2020).

Baca Juga :

KPK Sita Rp425 Juta dari OTT Wali Kota Cimahi

Dalam kunjungannya, Firli Bahuri didamping pimpinan lainnya seperti Alexander Marwata, Lili Pintauli Siregar dan Nawawi Pomolango. Mereka diterima oleh Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan beserta jajarannya di kantor Kemenko Maritim di Jakarta. Menurut Firli kunjungan ini merupakan amanat pasal 6 UU no 19 tahun 2019
Lebih lanjut Firli menambahkan, KPK telah melakukan berbagai upaya dalam program pencegahan korupsi. Untuk mendukung tumbuhnya investasi, KPK akan terus mendorong perbaikan terkait pelayanan publik.

“Sebagai lembaga penegak hukum KPK akan fokus mewujudkan kepastian hukum. Dan pada saat yang sama akan mendukung penciptaan iklim investasi yang akan membuka lapangan pekerjaan dan muaranya pada peningkatan pertumbuhan ekonomi,” jelasnya.

Baca Juga :

Pertemuan ini juga membahas beberapa hal. Seperti bentuk koordinasi ke depan sebagai tindak lanjut pertemuan. “Agar pendampingan program pencegahan korupsi dapat dilakukan bersama-sama,” pungkasnya.

Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan menyambut baik kunjungan keempat pimpinan KPK. Dia mengharapkan, keterlibatan KPK sejak awal. Sehingga upaya pencegahan korupsi pada area-area yang dinilai rawan korupsi dalam dilakukan.

Baca Juga :

“Dalam rilis kami sampaikan bahwa setiap investasi akan melibatkan KPK sebagai upaya pencegahan. Tapi, kami juga berpesan pencegahan korupsi perlu didorong tanpa meninggalkan penindakan,” pungkasnya. (dai)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.