Cegah Penipuan, Kemenkop dan UKM Imbau Masyarakat Jangan Tergiur Bunga Tinggi Koperasi

indopos.co.id – Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) Suparno meminta masyarakat jangan mudah tergiur dengan iming-iming bunga tinggi. Hal itu diungkapkannya menyusul masih adanya koperasi yang menjanjikan memberikan bunga cukup tinggi dalam Simpanan Berjangka (SB).

Misalnya seperti yang dilakukan Koperasi Hanson Mitra Mandiri (HMM). Koperasi tersebut menjanjikan Bunga Simpanan Berjangka (SB) yang didapatkan anggota untuk SB 3 bulan sebesar 10 persen. Kemudian untuk SB 6 bulan sebesar 11 persen dan SB 12 bulan sebesar 12 persen. Sayangnya saat jatuh tempo dan nasabah ingin mengambil dananya, koperasi tersebut gagal bayar. Hingga kemudian diadukan anggotanya ke Kementerian Koperasi dan UKM.

Baca Juga :

“Kami imbau masyarakat jangan tergiur bunga tinggi. Masih banyak koperasi lain yang bagus. Jumlah koperasi di Indonesia banyak, lebih dari 138 ribu. Anggotanya juga banyak. Pilih koperasi yang bagus. Itu juga banyak. Kenali betul koperasi yang sehat itu apa. Yang aktif bagaimana,” ujar Deputi Bidang Pengawasan Kementerian Koperasi dan UKM Suparno, pada konferensi pers mengenai permasalahan Koperasi Hanson Mitra Mandiri (HMM), di Press Room Kemenkop dan UKM, Jakarta, Jumat (24/1/2020).

Selain itu, pihaknya juga akan terus mengoptimalkan pengawasan. Serta menggandeng pemerintah daerah, pemerintah kabupaten dan kota.

“Kemudian pengelola koperasi harus punya kompetensi. Ingin dirikan koperasi lengkapi persyaratan. Tidak sulit. Namun jangan kemudahan ini disalahgunakan. Jangan sampai masyarakat dirugikan,” pungkasnya. (dai)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.