Dinkes DKI Rekomendasikan Tiga RS Rujukan Isolasi Penderita Corona

 

indopos.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta menyiapkan tiga rumah sakit (RS) sebagai rujukan untuk fasilitas isolasi terhadap pasien terduga terjangkit virus corona.

Baca Juga :

Kepala Dinkes DKI Jakarta Widyastuti mengatakan, pihaknya juga sedang menyiapkan pendampingan dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) binaan, terutama yang dekat dengan pelabuhan baik laut maupun udara.

“Sementara ini, Jakarta ada tiga RS rujukan untuk isolasi, yakni RS Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Suroso, RS Persahabatan dan RSPAD Gatot Soebroto,” kata Widyastuti saat dihubungi wartawan di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

Apa yang sudah dilatih adalah yang dekat dengan bandar-bandar, rinci Widyastuti, yakni RSUD Koja dan RSUD Cengkareng. Ke depannya kita mengejar yang lain. Selain mempersiapkan rumah sakit, Dinkes DKI Jakarta juga menyiapkan kelengkapan operasional bagi staf-staf kesehatan, yakni Alat Pelindung Diri (APD) di semua Puskesmas.

“Untuk APD kami minta semua fasilitas kesehatan baik Puskesmas, RS untuk menyiapkan untuk APD. Kami juga mengundang kembali untuk evaluasi bagaimana cara pemakaian APD termasuk cara pengambilan spesimen. Karena spesimen pemeriksaan ini baru bisa dilakukan di Litbangkes,” ucap Widyastuti.

Hingga saat ini, kata Widyastuti, di Jakarta ada tiga pasien yang tengah menjalani observasi atas dugaan terjangkit virus corona karena ada riwayat perjalanan dari negara yang terkena wabah pneumonia. (ant)

 

 

 


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.