Selain Kelelawar, Hewan Ini Juga Menularkan Virus Mematikan kepada Manusia

indopos.co.id – Virus Corona jenis baru yang telah diberi nama COVID-19 menambah panjang daftar penyakit yang ‘berasal’ dari hewan dan kemudian menular antar manusia. COVID-19 disebutkan berasal dari kelelawar liar di Wuhan, Tiongkok. Berikut virus mematikan lainnya yang juga ditularkan melalui hewan.
MERS
Baca Juga :
Penyakit Middle East Respiratory SyndromeCoronavirus (MERS CoV) adalah penyakit saluran pernapasan yang disebabkan oleh coronavirus. Penyakit ini menular dari unta ke manusia, serta dari manusia ke manusia. MERS CoV diduga awalnya berasal dari unta yang hidup di negara-negara Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yordania, dan Yaman. Meski MERS CoV juga terjadi di beberapa negara di Eropa dan Amerika, namun penderitanya diketahui terserang penyakit ini setelah bepergian ke negara Timur Tengah. Oleh sebab itu, penyakit ini sering disebut juga sindrom pernapasan Timur Tengah.
Baca Juga :

Dari berbagai sumber disebutkan, meski MERS CoV menular, tetapi penularannya tidak semudah flu biasa. MERS CoV lebih rentan menular melalui kontak langsung, misalnya pada orang yang merawat penderita MERS tanpa menerapkan prosedur perlindungan diri terhadap virus dengan baik.

Ebola

Penyakit itu diyakini bermula dari kontak antara manusia dan kelelawar buah, hewan yang membawa Virus Ebola. Mamalia lain juga diduga pengantar virus seperti simpanse, gorila dan babun. Itu diduga karena mereka memakan sisa buah yang dimakan kelelawar.

Disebutkan, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyebut gejala yang dialami pasien terinfeksi ebola mulai dari demam hingga otot nyeri. Semakin parah, ebola membuat penderitanya muntah-muntah, diare, melemahnya fungsi hati, serta pendarahan.

Infeksi ebola antar manusia menyebar lewat kontak langsung dengan darah atau cairan tubuh (urin, ludah, keringat, kotoran, muntah, air susu, sperma) orang yang terinfeksi.

Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri Treponema pallidum.

Infeksi sifilis dapat dibagi dalam tiga fase dengan berbagai gejala, mulai luka di daerah infeksi (alat kelamin, anus, buah zakar atau mulut), bentol-bentol dan demam, hingga terganggunya berbagai organ tubuh seperti jantung hingga otak.

Flu Babi

Flu Babi adalah penyakit saluran pernafasan yang disebabkan virus influenza yang menyerang saluran pernafasan babi. Virus ini bisa menginfeksi manusia.

Infeksi pada manusia berujung mutasi yang membuat virus ini bisa berpindah dari manusia ke manusia. Gejalanya serupa dengan flu biasa. Misalnya demam, kekakuan pada sendi, hingga hidung meler. Selain itu flu babi bisa membuat penderitanya muntah-muntah, tidak sadar bahkan meninggal dunia.

Wabah flu babi pada 2009 disebabkan oleh virus tipe H1N1 dan pertama kali dideteksi di Meksiko. Korban tewas akibat wabah ini mencapai lebih 200.000 jiwa di seluruh dunia.

HIV

HIV adalah singkatan dari Human Immunodeficiency Virus.

Virus ini menyerang sistem imun, terutama sel CD4. Sel itu berfungsi membantu sistem imun melawan penyakit. Jika tidak diobati, maka HIV akan terus membunuh sel CD4, membuat tubuh penderitanya gampang terinfeksi berbagai macam penyakit. (vit)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.