Turis Asal Tiongkok Positif Virus Corona Tidak Terinfeksi di Bali, Menkes Nyatakan Siap Bantu

indopos.co.id – Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto menegaskan turis asal Tiongkok yang positif terpapar Virus Corona atau COVID-19 usai berlibur di Bali, tidak terinfeksi di Pulau Dewata, namun ketika sudah tiba di Negeri Tirai Bambu itu.

Menkes menyatakan, “Itu positifnya kena di sana (Tiongkok),” kata Terawan di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta Timur, Sabtu (15/2/2020).

Terawan menjelaskan kesimpulan tersebut didasari perhitungan masa inkubasi 14 hari sejak turis asal Tiongkok  tersebut meninggalkan Pulau Bali pada 28 Januari. Terlebih, lanjut dia, hingga saat ini belum ada satu pun warga di Bali yang terindikasi terjangkit virus yang mulai pertama kali merebak di Wuhan tersebut.

“Sampai hari ini, paling tidak kalau dihitung sejak 28 Januari itu sudah 18 hari. Lalu tidak ada sesuatu yang menggejala di sana (Bali). Artinya apa, pasti tidak ada,” kata dia.

Informasi pertama yang menerangkan warga negara Tiongkok positif terjangkit virus corona setelah berkunjung ke Bali berasal dari otoritas Provinsi Anhui, China, yang dimuat secara resmi di administrasi Anhui, Weibo pada Kamis (6/2/2020).

Saat itu, Pusat Pengendalian Penyakit Huanian melaporkan ada salah seorang pasien bernama Jin terjangkit positif virus corona pada Rabu (5/2/2020) yang disebut bahwa yang bersangkutan sebelumnya telah berlibur di Bali sekitar sepekan, dari 22 Januari hingga 28 Januari 2020.

Baca Juga :

Di bagian lain Menkes menyatakan siap jika pemerintah Indonesia akhirnya membantu Tiongkok untuk mengatasi Virus Corona yang mewabah di sana. “Kami akan siap, apa perintah pak presiden, kami akan siapkan,” kata Terawan di tempat yang sama.

Bentuk bantuan apapun, kata Terawan, pihaknya akan menyanggupi, baik itu tenaga medis, atau alat kesehatan. “Apa saja boleh, tergantung hasil pembicaraannya, kami akan laksanakan. Kami Kementerian membantu pemerintah, apapun yang ingin disiapkan akan kami siapkan,” ucapnya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menelepon langsung Presiden Tiongkok Xi Jinping untuk menyampaikan duka atas mewabahnya virus corona dan menawarkan bantuan menangani virus corona.

“Jadi tadi malam jam setengah delapan, saya berbicara melalui telepon dengan Presiden RRT Xi Jinping, saya menyampaikan duka sekaligus menawarkan apabila diperlukan bantuan-bantuan untuk mempercepat penanganan corona. Saya bilang Indonesia siap untuk memberikan bantuan,” ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta pada Rabu, (12/2/2020).

Jokowi mengatakan, Indonesia akan bersama dengan Tiongkok dalam menghadapi masa sulit. “Saya yakin Tiongkok bisa menyelesaikan masalah virus corona ini dalam waktu yang secepat-cepatnya,” ujar Jokowi.

Media pemerintah CGTN melaporkan hingga 12 Februari ada 44.730 total kasus virus corona di Tiongkok dan 397 kasus di luar negeri. Sementara kematian virus corona mencapai 1.114 orang, termasuk di Hong Kong. Sementara satu kematian luar negeri terjadi di Filipina. (ant)

 

 


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.