Kiki Bertens Pertahankan Gelar, Kyle Edmund Juarai New York Open 2020

indopos.co.id – Untuk tahun kedua berturut-turut, Kiki Bertens meraih gelar atau mempertahankan juara pada St. Petersburg Ladies’ Trophy. Unggulan kedua itu menjadi pemain pertama yang berhasil mempertahankan gelar pada even level Premier itu dengan kemenangan 6-1, 6-3 atas unggulan delapan Elena Rybakina pada final, Minggu (16/2/2020).

Petenis peringkat delapan dunia itu menunjukkan penampilan yang dominan, hanya membutuhkan waktu 74 menit untuk memastikan berhasil mempertahankan gelar untuk kedua kalinya, setelah juga memenangi gelar berturut-turut di Nurnberger Versicherungscup pada 2016 dan 2017.

Baca Juga :

Kemenangan tersebut adalah kulminasi dari dua pekan yang emosional bagi Bertens, yang menangis dalam wawancara di lapangan setelah meraih kemenangan.

Menyusul akhir pekan yang dramatis dalam kompetisi Fed Cup, dimana tim Belanda yang dipimpin Bertens kalah secara dramatis 2-3 di Belarusia pada pertandingan ganda penentuan, petenis peringkat delapan itu datang ke St. Petersburg dan hanya kehilangan satu set dalam perjalanan menuju gelar WTA ke-10 dalam kariernya.

“Mempertahankan gelarmu, itu selalu sesuatu yang spesial. Anda datang dengan kenangan indah, dan jika itu terjadi di tempat Anda mempunyai trofi cantik lagi, saya lebih dari gembira,” kata Bertens kepada wartawan seusai pertandingan, sebagaimana dikutip laman resmi WTA.

Pekan ini, lanjut Kiki, adalah minggu yang sangat sulit. “Kami kalah pada Sabtu malam dalam ganda penentuan, 7-6 pada set ketiga dan 10-8 pada tiebreak. Itu adalah hari yang sulit. Minggu (16/2/2020), saya sudah terbang ke sini, tapi saya kira saya masih menangis sepanjang malam, karena saya merasa sangat sedih setelah kekalahan yang sulit itu.

Dia datang ke sini dan menempatkan semua energi yang masih tersisa padanya selama pertandingan. “Tim saya mendorong saya pekan ini, jadi saya sangat berterima kasih untuk itu. Anda masih bisa mencapai apapun jika Anda bekerja keras dan berjuang setiap hari untuk memenangi pertandingan, dan Anda masih bisa memegang trofi pada akhir pekannya,” terangnya.

Sementara itu petenis Britania Kyle Edmund mengatasi Andreas Seppi dari Italia dengan set kedua yang kuat untuk menjuarai New York Open 2020 dan meraih gelar ATP Tour keduanya sepanjang karir di Long Island, Minggu waktu setempat.

Setelah memecahkan kebuntuan pada kedudukan 5-5 set pertama, Edmund hanya kehilangan satu gim pada set kedua untuk menang 7-5, 6-1 di Nassau Coliseum. Gelar tersebut adalah yang pertama bagi petenis berusia 25 tahun itu sejak Antwerp pada 2018 dan ia mengalahkan Seppi untuk kedua kalinya dalam tempo satu bulan, setelah menang straight set di Auckland pada Januari.

“Ada banyak kerja keras sepanjang tahun, banyak naik dan turun yang Anda tidak lihat di balik layar. Memenangi gelar ini sangat berarti bagi saya. Kemenangan dua game terakhir set pertama dengan merebut tiga gim pertama set kedua dalam perjalanannya menuju kemenangan,” kata Edmund kepada ATPTour.com.

Kedua pemain saling mempertahankan servis hampir sepanjang set pertama. Namun ketika Seppi melakukan servis pada kedudukan 5-6, Edmund meningkatkan levelnya dan menambah kecepatan pada groundstroke-nya. Menggunakan forehand-nya untuk mendorong Seppi ke sekitar baseline, ia memperoleh dua set point dan mengkonversi peluang pertamanya dengan backhand winner.

Reli dari baseline memakan korban Seppi pada set kedua dan Edmund memanfaatkannya, meraih 12 dari 15 poin pertama untuk memimpin 3-0. Ketika Seppi servis pada kedudukan 1-4, petenis Italia itu melakukan pukulan backhand terlalu panjang dan Edmund kemudian menutup pertandingan.

“Ia memainkan pertandingan yang bagus hari ini dan pantas menang,” kata Seppi sebagaimana dikutip Reuters. “Saya memainkan beberapa pertandingan bagus pekan ini. Saya ambil positifnya dari sini dan bergerak maju.” (ant)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.