Ratusan Rumah di Kota Bekasi Tak Berizin

indopos.co.id – Ratusan rumah di wilayah Kota Bekasi belum kantongi izin, seperti izin mendirikan bangunan (IMB). Rata-rata rumah yang belum memiliki dokumen resmi itu berada di wilayah perkampungan.

“Jumlahnya ada 400 ribu rumah tinggal yang belum memiliki izin tempat tinggal,” kata Kepala Bidang Pengendalian pada Dinas Tata Ruang Bekasi, Azhari, Rabu (19/2/2020).

Secara keseluruhan kata Azhari, rumah tinggal yang ada di Kota Bekaai mencapai 800 rumah hunian. Akibat tidak adanya izin pendirian bangunan itu pihaknya selalu kesulitan dalam melakukan pengawasan. “Rumah di perkampungan itu tergolong sudah lama menetap, kalau kita bongkar yah gimana,” katanya.

Berbeda dengan rumah yang berdiri di Komplek atau perumahan, terlebih lagi perumahan yang baru. Seluruh dokumen bangunan mereka sudah miliki semua. “Kalau bangunan di perkampungan memang dari awal bangun juga puluhan tahun lalu belum punya izin,” jelasnya.

Rencananya, kata dia, dalam waktu dekat pihaknya bakal melakukan pemetaan kepada seluruh rumah tinggal di kawasan perkampungan melalui rencana detail tata ruang wilayah (RTRW). “Kalau di perumahan mudah diawasi karena memang izinnya sudah ada dan terdata,” ucapnya.

Azhari berharap, seluruh masyarakat di Kota Bekasi segera mengurus proses IMB, mengingat sebagai pengawasan bangunan. Dia mengatakan, jangan sampai bangunan itu masih berdiri tapi sudah tidak layak. “Jangan sampai juga yah kalau bangunan itu roboh karena tidak terawasi,” tandasnya. (dny)

Baca Juga :

loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.