Ini Sejumlah Prestasi Membanggakan yang Dilakukan Mahasiswa UI

indopos.co.id – Mahasiswa Universitas Indonesia (UI) terus menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Baik itu di kancah nasional maupun internasional.

Adapun torehan prestasi itu misalnya dari aktivitas global (inbound students; global enggagement). Kemudian program kemanusiaan (kuliah kerja nyata) di pelosok negeri. Serta kejuaraan nasional dan internasional.

Baca Juga :

“Misalnya Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) menyusun program students and lectures mobility bertajuk Chemistry Mobility (ICM) Programme. Dengan menghadirkan 19 mahasiswa dari Universitas Kebangsaan Malaysia (UKM), Malaysia. Mereka adalah mahasiswa dari Kelab Sains Kimia,” ujar Wakil Rektor UI Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Rosari Saleh, dalam keterangan persnya yang diterima INDOPOS, Jumat (21/2/2020).

Lebih lanjut dia mengatakan, FMIPA juga bekerjasama dengan Universiteid Leiden. 10 mahasiswa dari Program Studi Biologi bergabung dalam acara yang bertajuk The 3rd Winter School Program. Dalam kegiatan ini, para mahasiswa tidak hanya berdiskusi.

“Namun mereka juga melakukan aktivitas K2N berupa reklamasi karang di Pulau Pramuka. Itu merupakan bagian dari studi pengaplikasian metode penelitian tentang mamalia laut. Hingga tentang pembahasan persoalan polusi yang dihasilkan oleh limbah plastik,” ujar Rosari.

Kegiatan aktivitas global lainnya berjudul Joint International Outing Indonesia, dilangsungkan oleh Fakultas Farmasi, yang menghadirkan 20 mahasiswa dari empat negara yaitu Singapura, Malaysia, Thailand dan Indonesia.

Baca Juga :

Ini Alasan Lutviah Menghilang

“Sedangkan mahasiswa dari BEM FISIP melakukan aktivitas kuliah kerja nyata di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Kegiatan bertajuk Eksplorasi Desa Kita, dimaksudkan untuk membawa isu pendidikan kontekstual dan memberikan sosialisasi kepada masyarakat sesuai kebutuhan untuk pengembangan masyarakat di desa tersebut,” jelas Rosari.

Beberapa capaian di level global juga terus diraih. Diantaranya oleh mahasiswa FEB 2018, yang berhasil mendapatkan Honorable Mention pada ajang Harvard National Model United Nations (HNMUN) 2020, di Kampus Harvard, Boston, Massachusetts, Amerika Serikat.

HNMUN merupakan ajang Model United Nations yang paling bergengsi dan salah satu yang paling tua di dunia, dihadiri sebanyak lebih dari 2000 mahasiswa dari 60 negara. Prestasi ini membanggakan sekaligus langka untuk Indonesia. Mengingat hanya dua mahasiswa dari Indonesia yang mampu meraih gelar tersebut sepanjang sejarah pergelaran HNMUN.

“Untuk mendapatkan gelar honorable mentions ini, peserta harus menjadi salah satu yang paling kontributif dan berpengaruh selama proses kegiatan,” ujar Rosari, yang juga Guru Besar di FMIPA.

Tidak hanya itu kata dia, tiga mahasiswa Geofisika angkatan 2016 berhasil menjadi 1st Runner Up pada ajang Geothermal Case Study OGIP (Oil and Gas Intelectual Parade) 2020 di Yogyakarta.

“Sedangkan enam mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi berhasil meraih dua titel juara pada ajang Accrued 2020: Tax Competition, sebagai peraih juara 1 dan 2 pada kategori Kompetisi Pajak,” pungkasnya. (dai)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.