Pompa Sedot Milik Kota Bekasi Temukan Kendala

indopos.co.id – Guna antisipasi banjir susulan, Pemerintah Kota Bekasi mulai menemukan kendala dengan sarana prasarana yang dimiliki. Pasalnya, keberadaan pompa yang kini dimiliki memiliki penurunan daya sedotnya.

Perlu diketahui, jumlah pompa penyedot air yang dimiliki Pemerintah Kota Bekasi mencapai 80 unit pompa. Diantara untuk ukuran pompa 6 inci sebanyak 14 unit dan 3 inci sebanyak 14 unit yang tersebar di 12 kecamatan di Kota Bekasi. Sisanya berukuran sedang dan besar.

“Jumlah pompa yang kami miliki masih sangat kurang bila memenuhi kebutuhan melakukan penyedotan titik rawan banjir,” kata Kepala Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air Kota Bekasi, Arief Maulana, Senin (2/3/2020).

Apalagi, kata Arief, kapasitas pompa itu sekarang sudah turun. Sehingga, perlu ada pergantian dengan motor dan mobil. Meski kondisinya pompa masih bisa dioperasikan tetapi kapasitasnya sudah tidak memungkinkan. “Daya sedotnya sudah menurun dari awal beroperasi sampai sekarang,” jelasnya.

Untuk pompa berukuran dari 6 inci dan 3 inci kata Arief sudah tidak ideal. Sebab, untuk melakukan penyedotan genangan kecil saja, kata dia, sudah tak mampu beroperasi maksimal. “Itu kan ukurannya lumayan, tapi untuk menyedot genangan air saja sudah tidak mampu,” ujarnya.

Oleh karena itu, Arief berencana bakal menambah pompoa dengan melakukan pembelian pompa baru di tahun 2020. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya banjir, di musim penghujan. (dny)

Baca Juga :

Satu Kafe di Bekasi Kembali Disegel

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.