Jalan Tengah, Kubu Mulfachri Minta Posisi Sekjen

indopos.co.id – Kubu Mulfachri Harahap menagih pernyataan kubu Zulkifli Hasan (Zulhas). Pasalnya, usai menang dalam Kongres V Partai Amanat Nasional (PAN), Zulhas belum mengakomodir kubu yang kalah.

Politikus PAN yang juga anggota tim pemenangan Mulfachri Harahap, Muslim Ayub, meminta agar posisi Sekretaris Jenderal (Sekjen) PAN diberikan pada Hanafi Rais. “Suara dari kami Sekjen Hanafi, keinginan kami itu, karena ingin partai ini besar, jalan tengah dari kekompakan,” ujarnya kepada INDOPOS di Jakarta, Senin (2/3/2020).

Hanafi dinilai sosok yang mewarisi integritas dan kompetensi dari pendiri PAN, Amien Rais. Sehingga, di bawah kepengurusannya, partai berlambang matahari itu dapat kembali berjaya. “Kalau partai ini mau besar, duduk dengan beliau, Pak Amien, Hanafi Rais. Kalau begini terus, belum ada (pertemuan dengan Zulhas, red),” ujar Muslim.

Tak hanya itu, mereka juga ingin agar Mulfachri dijadikan wakil ketua umum PAN. Sehingga, akomodasi yang diklaim oleh kubu Zulhas memang dilakukan ke semua pihak. Namun, Zulhas belum melakukan pertemuan dengan Amien Rais untuk membahas kepengurusan pasca-Kongres V PAN.

“Duduk bersama saja, bertemu (dengan Amien Rais, red) belum. Belum ada yang diakomodasi dari kubu Pak Mulfachri atau Hanafi,” ujar Muslim.

Muslim menilai, Zulhas menganggap Amien Rais sebagai batu sandungan bagi kepengurusannya. Karena ia ingin PAN bergabung dengan pemerintahan Joko Widodo-Ma’ruf Amin. “Tapi, Pak Amien tidak mau diatur pemerintah, Pak Zulhas menganggap Pak Amien ini batu sandungan,” ujarnya.

Sebab itu, jika tak ingin PAN berkonflik, dia mendesak Zulhas untuk benar-benar mengakomodasi semua pihak. Khususnya kepada kubu yang menjadi lawannya dalam pemilihan ketua umum. “Solusi saat ini akomodir penantang, misal 70-30. Suara dari kami, Sekjen Hanafi (Rais), Mulfachri wakil ketua umum keinginan kami itu,” ujar Muslim.

Sebelumnya, perpecahan usai kongres di PAN diklaim bakal segera berakhir. Pasalnya, Zulhas selaku ketua umum terpilih telah selesai menyusun komposisi kabinet barunya. Susunan kepengurusan periode 2020-2025 itu dinilai penetralisir konflik yang terjadi selama ini.

Politikus PAN Totok Daryanto mengatakan, Ketua Umum terpilih DPP PAN, Zulhas telah menandatangani surat keputusan terkait susunan kepengurusan partai tersebut periode 2020-2025.

Totok mengungkapkan, akan ada kejutan dalam susunan kepengurusannya. Menurutnya, susunan kepengurusan PAN lima tahun ke depan akan diisi kader muda-tua, dan ada unsur dari pendukung Mulfachri Harahap, Asman Abnur, dan Drajad Wibowo.

“Surat Keputusan (susunan kepengurusan PAN 2020-2025, red) sudah ditandatangani Zulhas, tapi nama-nama tunggu pengumunannya, akan ada kejutan,” kata Daryanto kepada INDOPOS melalui pesan tertulisnya, Minggu (1/3/2020). (aen

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.