Cegah Virus Corona, Foz Kolaborasi Crisis Center Covid-19

indopos.co.id – Sepekan terakhir, 34 negara mengonfirmasi ditemukannya kasus positif virus corona. Hal ini menambah panjang daftar negara yang terinfeksi virus yang vaksinnya belum ditemukan ini menjadi 64 negara. Dengan konfirmasi ini, kewaspadaan kita hendaknya tetap tinggi untuk mencegah tertular virus ini. Kerap cuci tangan dan menerapkan etika saat batuk adalah hal mudah yang bisa kamu lakukan. Selasa (3/3/2020)

Ketua Umum Forum Zakat, Bambang Suherman menuturkan, “Bahwa Crisis Center yang akan dibentuk mempunyai 2 tujuan. Yaitu menjadi pusat informasi dari masyarakat dan ke masyarakat terkait virus Corona tipe baru. Selain itu, masyarakat juga bisa mengadu ke Crisis Center apabila mendapati indikasi virus di sekitar mereka. Jadi masyarakat perlu tahu bagaimana harus bersikap. Dan masyarakat juga bisa menjadikan lembaga-lembaga zakat ini sebagai pusat pengaduan apabila mereka mendapati adanya indikasi di sekitar mereka. Ini akan kami tampung sebagai aduan masyarakat dan akan kami teruskan para pihak yang berwenang”.

Virus Corona atau Covid-19 telah resmi masuk ke wilayah Indonesia. Terakhir, Senin (2/3/2020) lalu, Presiden Jokowi, telah mengumumkan adanya dua WNI yang positif terinfeksi Covid-19. Banyak masyarkat yang panik, dan simpang siur dalam mencerna informasi. Dengan konfirmasi ini, membuat Forum Zakat (FOZ) mendorong kolaborasi antar lembaga-lembaga anggota FOZ utnuk membentuk Crisis Center. kewaspadaan kita hendaknya tetap tinggi untuk mencegah tertular virus ini. Kerap cuci tangan dan menerapkan etika saat batuk adalah hal mudah yang bisa kamu lakukan.

“Ini Virus bukan Bakteri kalau virus itu sifat dasarnya akan sembuh dengan daya tubuh yang prima. Jadi kalo kita membudayakan dengan hidup sehat maka daya tubuh kita akan terbenteng dari virus tersebut. Jangan menguras kesehatan yang seharusnya tubuh istirahat.” Ucap dr. Fariz Nurwidya selaku Perhimpunan Paru Indonesia.

Pada Forum Rapat Kordinasi Kolaborasi Crisis Center Covid 19, Forum Zakat yang memiliki 152 anggota akan berkoordinasi dengan pemerintah untuk membantu percepatan distribusi informasi dan juga akses terhadap fasilitas penanganan kesehatan negara. Selain itu juga bertujuan untuk mengkolaborasikan jaringan kesehatan yang ada dibawah lembaga-lembaga dibawah Forum Zakat agar menyiapkan diri untuk terlibat dalam proses penanganan kasus. Jaringan kesehatan yang dimaksud termasuk didalamnya, dokter, armada kesehatan, dan rumah sakit termasuk klinik.

Melalui kanal informasi dan sosial media, Dompet Dhuafa http://bit.ly/2Qg9ucg juga menghimbau kepada masyarakat jika ingin mengetahui dan memiliki informasi tentang Covid-19, dapat menghubungi layanan hotline KLB Kementerian Kesehatan. Telephone (021) 521-0411 & 0812-1212-3119 atau melalui layanan WhatsApp 0877-7759-1097.(mdo)

Baca Juga :

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.