Ancaman Virus Corona, Kota Bekasi Gelar Simulasi Pencegahan

indopos.co.id – Antisipasi penyebaran virus corona, pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Bekasi mulai mewaspadai dengan cara menggelar simulasi pada Kamis (5/3/2020).

“Simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan pelayanan ketika terdapat pasien yang dicurigai terpapar virus corona dan dinyatakan suspect,” kata anggota tim Satgas khusus penanganan virus corona RSUD Kota Bekasi, Anggarjito, Kamis (5/3/2020).

Baca Juga :

Dalam simulasi itu terlihat peragaan yang dilakukan mulai dari kedatangan pasien ke rumah sakit, penanganan di ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) hingga ke pemantantauan medis dan ruang isolasi.

Pantuan di lokasi simulasi, seluruh tim medis dalam penanganan corona dilengkapi alat pelindung diri mulai dari pakaian, sarung tangan, kacamata, penutup kepala hingga alas kaki.

Baca Juga :

Menurut dia, kedudukan RSUD untuk penanganan pasien corona hanya screening awal. Kemudian penanganan ruang isolasi yang sudah disiapkan. “Di ruang isolasi kita sudah siapkan tiga sampai empat bed. Ketika sudah sampai enam jam diisolasi, kita harus menilai, mendiagnosa pasien masuk dalam corona dengan resiko tinggi,” jelasnya.

Anggarjito mengaku, ruang isolasi sendiri di desain dengan tekanan negatif, dengan hepafilter. Sehingga, ruang itu berbeda dengan ruang yang lain. “Karena, kondisi ini kan pasien corona penularannya dengand tetesan (droplets) jadinya beresiko penularan,” tandasnya. (dny)

Baca Juga :

Inilah 12 Kota Terparah Wabah COVID-19

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.