KNPI Apresiasi Pencegahan Corona, Harus Konsisten dan Menyeluruh

indopos.co.id – Upaya pencegahan penularan virus corona (Covid-19) oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu diapresiasi oleh Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kepulauan Seribu.

Namun begitu, KNPI meminta upaya itu harus dilakukan secara konsisten dan menyeluruh sehingga wilayah Kepulauan Seribu terjaga dari penyebaran virus tersebut.

“Kita apresiasi apa yang dilakukan Pemkab (Pemerintah Kabupaten) Kepulauan Seribu, tapi harus konsisten dengan tidak sekadar seremonial,” tegas Ketua KNPI Kepulauan Seribu, Lukman Hadi kepada wartawan, Kamis (5/3/2020).

Dikatakan Lukman, sebaiknya pengecekan suhu tubuh dengan alat termo gun dilakukan di semua pintu masuk ke Kepulauan Seribu termasuk dari pelabuhan-pelabuhan yang ada di wilayah Tangerang.

Baca Juga :

“Jangan konsentrasi di Marina Ancol atau di Kali Adem saja, pelabuhan lain juga diantisipasi karena juga menjadi jalur masuk ke Kepulauan Seribu,” katanya.

Menurut dia, dalam waktu dekat KNPI Kepulauan Seribu pun akan membantu Pemkab Kepulauan Seribu untuk melakukan aksi pencegahan dengan melibatkan kalangan pemuda dan mahasiswa.

Baca Juga :

“Kita sudah dapat restu bupati, KNPI akan mengkoordinir pemuda dan mahasiswa untuk turun melakukan edukasi dan sosialisasi yang dibutuhkan untuk mencegah virus corona,” ungkapnya.

Selain pencegahan, Lukman juga menyinggung soal perhatian pemerintah terhadap dampak yang ditimbulkan dari aktivitas observasi corona di Pulau Sebaru.

Utamanya nasib nelayan yang terdampak langsung dari observasi itu diperhatikan. Menurut dia, sejak adanya observasi ruang gerak nelayan dibatasi untuk menangkap ikan.

“Nelayan harus diperhatikan, seperti nelayan pancing dan bubu di Pulau Kelapa dan Harapan, sejak ada observasi mereka mengeluh tangkapan jauh berkurang,” tuturnya.

Disebutkan Lukman, perhatian pemerintah terhadap nelayan terdampak sangat ditunggu, misalnya bantuan bahan pangan, bahan bakar, dan kebutuhan alat pancing.

“Itu permintaan nelayan terdampak yang kita listing, kami kira permintaan itu wajar dan sebaiknya dipenuhi,” tuturnya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.