Abdul Idol Hijaukan Candi Gedongsongo Bareng Generasi Milenial

indopos.co.id – Penyanyi jebolan Indonesia Idol, Ahmad Abdul didapuk sebagai duta lingkungan. Abdul,- sapaan akrabnya,- melakukan aksi penanaman pohon bersama Djarum Foundation melalui Djarum Trees For Life (DTFL) di Candi Sadar Lingkungan (Candi Darling) di kawasan kompleks percandian Gedongsongo, Jawa Tengah.

“Alam beserta seluruh kekayaan dan keindahannya merupakan warisan dari leluhur yang harus selalu kita jaga,” ujarnya.

Baca Juga :

Bersama 250 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Tanah Air, yang tergabung dalam Siap Darling (sadar lingkungan) Abdul mengaku senang bisa ambil bagian membantu melestarikan lingkungan.

”Kalau menanam pohon di candi, daerah pegunungan sih kebetulan belum pernah. Ini baru pertama kali. Jadi, punya pengalaman yang baru, seru juga bareng orang-orang yang ada di sini. Ramai-ramai, jadi enggak terasa, mungkin ada yang merasa terpaksa atau gimana tapi ini ‘fun’ aja sih,” katanya.

Baca Juga :

Baginya aksi penghijuan merupakan gerakan positif yang harus dilakukan kaum milenial. ”Untuk itu, saya merasa sangat antusias dalam kegiatan yang sangat positif ini. Saya juga berharap, langkah-langkah merawat bumi dapat dilakukan secara rutin oleh generasi milenial,” katanya.

Sementara itu, President Director Djarum Foundation, Victor Hartono mengatakan, Siap Darling dapat menjadi medium bagi para generasi milenial yang memiliki semangat besar untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan lingkungan lewat tindakan konkret yang menyenangkan.

“Djarum Foundation mengajak mahasiswa untuk melakukan langkah nyata agar lebih peduli terhadap lingkungan. Program ini diharapkan dapat menumbuhkan rasa memiliki dan bangga dikarenakan mereka turut berperan serta menghijaukan situs-situs warisan bersejarah Indonesia serta menularkannya kebiasaan baik ini di masyarakat luas,” kata Victor.

Pada kegiatan Candi Darling kali ini, Siap Darling mengajak 250 mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Indonesia seperti Universitas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret Surakarta, UIN Walisongo Semarang, Universitas Negeri Semarang dan 50 Universitas lainnya.

Adapun jenis pohon yang ditanam pada kegiatan ini ialah Bambu Jepang, Hujan Mas, Pucuk Merah, Tabebuia Rosea, Pinus, Puspa, serta Akar Wangi pada Kawasan Candi 1. Sedangkan tanaman pada Kawasan Candi 4 adalah Pinus, Puspa, dan Akar Wangi. (ash)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.