Konsisten Catat Pertumbuhan Bisnis, Perusahaan-perusahan Ini Dapat Penghargaan

indopos.co.id – Majalah Franchise bersama Asosiasi Franchise Indonesia mencoba menelusuri merek-merek franchise yang masih konsisten bertumbuh di sepanjang 2019.

Berbeda dengan sebelumnya, survei Market Leader pada 2020 ini mengalami perbaikan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik. Perbaikan yang dicoba dilakukan adalah survei dilakukan dengan mengambil sampel 2019.

Serta menambahkan nilai koreksi yaitu nilai investasi, di samping jumlah gerai yang dimiliki. Hasil yang didapatkan dari proses ini relatif lebih menggambarkan nilai bisnis merek franchise tersebut.

Dengan demikian merek yang menjadi Market Leader adalah merek-merek yang memiliki keunggulan nilai bisnis dalam menjalankan bisnis franchise, berhasil menggaet franchise dengan nilai bisnis terbesar. Lebih dari itu merek franchise yang menjadi market leader akan langsung dipahami sebagai merek yang berhasil meraup rupiah terbanyak melalui bisnisnya.

Baca Juga :

Universitas Pancasila Gelar Wisuda

Pemimpin Majalah Franchise Indonesia Rofian Akbar mengatakan, peraih Franchise dan BO Market Leader 2020 adalah merek yang menjadi market leader yang sesungguhnya di 2019.

“Karena mereka tidak hanya memimpin dalam jumlah gerai yang dimiliki, tetapi memiliki bisnis terbesar per kategori produk tersebut,” ujarnya dalam keterangan persnya, di Jakarta, Sabtu (14/3/2020).

Tujuan survei market leader, menurut Rofian, untuk mengetahui posisi merek-merek franchise dan Business Opportunity (BO) yang memimpin dalam jumlah gerai di kategori bisnisnya masing-masing. “Mereka yang terpilih juga relatif konsisten mencatatkan pertumbuhan bisnisnya sepanjang 2019,” jelasnya.

Survei dilakukan dengan pola kombinasi primary data research (menggunakan metode sensus) serta secondary data research yang didapatkan dari berbagai sumber terpercaya dan terkonfirmasi. Seperti media, website, media sosial, brosur dan lain-lain.

Survei dilaksanakan pada Oktober hingga Desember 2019 terhadap 800 merek Franchise dan Business Opportunity yang terdata di Database Majalah Franchise Indonesia.

Merek-merek peraih Franchise Market Leader Awards 2020 antara lain Depo Air Munum Biru, Crispyku, Indomaret, Primagama, Ray White, Global Art, Apotek K-24, Martha Tilaar, Kebab Turki Baba Rafi, Oto Bento, Mom n Jo, Shop&Drive, Ayam Bakar Wong Solo, Ayam Penyet Surabaya dan Auto Glaze.

Sedangkan peraih BO Market Leader Awards 2020 antara lain Orchi, Green Nitrogen, TAPISI, Ayam Keprabon, Golden Telor, Carfix dan Auto Clean Waterless.

Sementara itu, perkembangan industri franchise di Indonesia dalam dua dekade ini didominasi oleh BO. Mereka tumbuh di berbagai kota di Indonesia, kebanyakan dirintis oleh anak-anak muda. Serta yang memiliki produk dan konsep bisnis yang unik dan kekinian.

“Adanya fenomena ini tentu saja cukup membanggakan bagi kita semua. Karena ini sekaligus membuktikan bahwa kewirausahaan sudah tumbuh di generasi muda Indonesia disamping juga mampu menciptakan lapangan kerja yang luas bagi masyarakat,” beber Rofia.

Meski demikian anak-anak muda pelaku usaha BO juga perlu pendampingan serta terus dimotivasi agar usaha mereka bisa lebih maju dan berkembang. “Nah, di sinilah sebenarnya peran Pemerintah, Asosiasi dan Media untuk berkontribusi lebih besar kepada mereka,” jelasnya.

Atas dasar itu, Majalah Franchise Indonesia sebagai media yang sangat concern terhadap tumbuh kembangnya kewirausahaan di Indonesia memandang perlu untuk memberikan anugerah Best to Invest Awards 2020. Anugerah ini diberikan sebagai motivasi para pelaku bisnis BO agar usahanya bisa berkembang menjadi besar, sustain dan berdaya saing.

Majalah Franchise dalam penentuan BO potensial menggunakan metode penelitian desk research serta penjurian oleh tim riset Majalah Franchise Indonesia. Penelitian dilakukan dengan mengidentifikasi 100 BO di seluruh kategori bisnis, di bawah usia 3 tahun, yang terdata di database Majalah Franchise Indonesia.

Metode Desk Research dilakukan dengan cara melakukan penelitiaan melalui sumber-sumber yang tersedia di publik, seperti dari brosur, media cetak maupun digital (Google), website, dan social media seperti Facebook, Twitter dan Instagram.

Sementara untuk penjuriannya dilakukan melalui scoring dengan 4 aspek yang dinilai, yaitu Business Potentiality Aspect, Business Development Aspect, Brand Development Aspect serta Management Aspect.

Rofian Akbar menambahkan, tujuan survei Best to Invest adalah memicu spirit para pengusaha BO yang baru tumbuh untuk memiliki komitmen jangka panjang. Dan selalu melakukan perbaikan, sehingga bisnisnya tetap sustain dan kompetitif di masa depan. Syukur-syukur bisa menjadi franchise unggulan di masa mendatang.

“Para peraih The Best to Invest Awards 2020 ialah Ayam Dadar Bandung, Kopi Ruang Hati, Ngikan Yuk, Dapur serundeng, Mr Crispy, Hey Steak, Nasi Kulit Malam Minggu, Asetehe, Kuch2hotahu, Naakthaibun, Trians Brownies, Uncledazs dan Nyopee,” pungkasnya. (mdo)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.