Giliran Liga Meksiko Ditangguhkan karena Virus Corona, Valencia Konfirmasi 5 Pemain Positif

indopos.co.id – Liga sepak bola Meksiko, Minggu (15/3/2020) waktu setempat, mengumumkan penangguhan pertandingan kompetisi divisi utama dan dua serta kompetisi putri karena pandemi virus corona.

Presiden eksekutif liga dalam satu pernyataan di Mexico City, Meksiko, Minggu waktu setempat (15/3/2020) menyebut, penangguhan tersebut, seperti disiarkan AFP setelah selesainya pertandingan antara America dan Cruz Azul yang menutup putaran ke-10 musim ini dan dimainkan secara tertutup.

“Sudah diputuskan untuk menangguhkan semua pertandingan Liga MX (divisi utama), Ascenso BBVA MX (divisi kedua) dan Liga MX Women’s berdasarkan rekomendasi umum dari Sekretariat Kesehatan Pemerintah Federal, tempat Liga MX berkoordinasi dengan erat,” kata presiden executive liga Meksiko.

Penutupan akan tetap berlaku “hingga pemberitahuan lebih lanjut” dan dimulainya kembali aktivitas akan ditentukan dalam koordinasi dengan otoritas kesehatan pemerintah Meksiko.

Langkah-langkah untuk menjaga kesehatan pemain dan penggemar terus ditingkatkan selama beberapa hari. Pada Rabu lalu (11/3/2020), Liga MX dan Ascenso MX dijadwalkan untuk menggelar pertandingan akhir pekan mereka secara normal dengan penonton di tribun.

Jabat tangan antara pemain dan ofisial dilarang dan tidak ada anak-anak ambil bagian dalam upacara prapertandingan. Dua pertandingan divisi satu telah dimainkan pada Jumat dengan penonton di tribun sebelum keputusan dibuat, Sabtu (14/3/2020) untuk melarang penonton tetapi pertandingan tetap berlangsung.

Terakhir kalinya pertandingan tertutup digelar di Meksiko karena masalah kesehatan masyarakat adalah saat wabah flu babi pada 2009.

Sementara itu di Liga Spanyol, klub Valencia mengonfirmasi bahwa lima dari pemain dan staf klub tersebut dinyatakan positif terkena virus corona, termasuk pemain bertahan asal Argentina Ezequiel Garay, Minggu (15/3/2020).

Menurut laporan AFP dari Madrid, Spanyol, Senin (16/3/2020), Valencia mengatakan mereka semua yang terdampak “sekarang di rumah, dalam kondisi kesehatan yang baik dan mematuhi langkah-langkah isolasi diri.”

Garay, yang akan kehilangan sisa musim kompetisi karena cedera lutut, menjadi pemain pertama dalam La Liga yang dikonfirmasi positif sebelumnya pada hari yang sama.

“Jelas saya salah langkah pada 2020. Saya sudah dites positif virus corona, saya baik-baik saja dan sekarang hanya mendengarkan otoritas kesehatan, saat ini dalam isolasi,” ,” tulis Garay melalui media sosial.

Valencia mengkonfirmasi lebih banyak kasus tidak lama setelah pengumuman Garay. Valencia CF mengkonfirmasi lima kasus positif COVID-19 virus corona telah terdeteksi di antara staf dan pemain tim utama. “Semua orang ini sekarang berada di rumah, dalam kondisi sehat dan mematuhi langkah-langkah mengisolasi diri,” tulisnya.

Valencia bermain tanpa penonton pada Selasa malam (10/3/2020) dalam Liga Champions melawan Atalanta, tim Serie A yang berbasis di Lombardy, salah satu kawasan terparah akibat virus tersebut di Italia.

Setelah memainkan laga tandang leg pertama di Atalanta pada 19 Februari tanpa larangan terhadap penonton, Valencia adalah salah satu dari klub Spanyol pertama yang melakukan tindakan pencegahan.

Klub tersebut mengumumkan pada 28 Februari bahwa mereka akan menangguhkan semua aktivitas non-olahraga dengan tim utama setelah seorang jurnalis yang menghadiri pertandingan pembuka melawan Atalanta dipastikan telah dinyatakan positif.

Semua keterlibatan dengan media sebelum dan sesudah pertandingan berikutnya melawan Real Betis pada 29 Februari dan Alaves pada Jumat dibatalkan, sementara penghormatan kepada mantan pemain klub David Villa juga ditiadakan.

La Liga sejak itu menangguhkan semua pertandingan liga selama dua minggu sementara klub-klub telah menutup tempat latihan mereka dan memerintahkan pemain untuk berlatih sendiri di rumah.

Seorang pebasket Real Madrid yang tidak disebutkan namanya dinyatakan positif terkena virus corona pada Kamis.

Keraguan serius masih ada tentang apakah musim ini bisa diselesaikan, dengan La Liga dipahami akan lebih diutamakan untuk diperpanjang hingga musim panas dan menunda Euro 2020 sampai akhir tahun ini atau 2021.

UEFA akan menyelenggarakan konferensi melalui video (video conference) pada Selasa, yang akan membahas respon sepak bola terhadap virus corona, termasuk juga status Euro 2020, Liga Champions dan Liga Europa, demikian AFP. (ant)

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.