Gubernur Sumsel Serahkan Bantuan Listrik Gratis dan Sembako

indopos.co.id – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Herman Deru memberikan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang berhak menerima program listrik gratis dan program subsidi dari pemerintah, di Posko Pusat Satgas (Satuan Tugas) Covid-19, Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Senin (6/4/2020).

“Ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah dalam membantu masyarakat. Termasuk di Sumsel yang mengalami kesulitan di tengah pademi Covid-19,” ujarnya.

Herman Deru juga menyalurkan bantuan berupa paket sembako kepada masyarakat. Sembako ini merupakan donasi dari mitra kerja Pemerintah Provinsi Sumsel. Baik itu dari pihak perbankan, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) dan BUMS.

Bantuan tersebut berupa 1.000 paket sembako dari BRI, Bank Mandiri, BNI dan BTN. Serta 1.000 paket sembako dari Bank Sumsel Babel. Dan 500 paket sembako dari PT Sumsel Energi Gemilang dan sebanyak 250 buah masker.

Baca Juga :

“Pagi hari ini kita menunjukan perbuatan kongkrit. Pencegahan Covid-19 bukan hanya dalam bentuk rangkaian kata saja. Tetapi dengan perbuatan. Dan perbuatan itu tentu dilakukan dengan cara masing-masing,” jelas Herman Deru.

Lebih lanjut dia menambahkan, bantuan paket sembako yang disalurkan merupakan bentuk keprihatinan. Sekaligus wujud kepedulian terhadap masyarakat yang terdampak dari situasi wabah virus Corona.

Baca Juga :

“Pemberian bantuan ini bukanlah sebuah bentuk memanjakan masyarakat. Tetapi ini adalah stimulus bahwa pemerintah ada diantara mereka. Pemerintah tidak diam menyikapi kondisi seperti ini,” ujarnya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (ketiga kiri), di sela pemberian bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang berhak menerima program listrik gratis dan program subsidi dari pemerintah, di Posko Pusat Satgas (Satuan Tugas) Covid-19, Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Senin (6/4/2020).
Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru (ketiga kiri), di sela pemberian bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang berhak menerima program listrik gratis dan program subsidi dari pemerintah, di Posko Pusat Satgas (Satuan Tugas) Covid-19, Halaman Kantor Gubernur Sumsel, Senin (6/4/2020).

Selain itu, Herman Deru juga mengajak semua pihak untuk peduli. Bukan saja perbankan. Tetapi juga kalangan orang yang mempunyai kelebihan untuk dapat membantu. Bantuan tersebut juga dapat disalurkan melalui gugus tugas Covid dalam bentuk barang untuk selanjutnya disalurkan ke daerah yang membutuhkan.

“Sedikit-sedikit tentu menjadi berarti bagi saudara kita yang membutuhkannya. Sebelumnya juga anak-anak SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) telah membantu dengan membuatkan masker. Perbankan membantu dengan memberikan sembako. Saya harap kepada siapapun yang mampu bantulah saudara kita. Sekali lagi saya sangat berterima kasih kepada semua pihak yang telah berperhatian,” ucapnya.

Dalam kondisi seperti ini, Gubernur Sumsel Herman Deru kembali menegaskan kepada seluruh pihak sampai dengan level Kabupaten/Kota hingga desa agar tidak memanfaatkan situasi ini untuk politik. Tetapi lakukan cara perbuatan melalui hati nurani.

“Jangan sampai ada pihak yang ambil manfaat dalam situasi seperti ini. Kita harus peduli dengan saudara-saudara kita yang terdampak dari situasi sekarang ini,” imbuhnya.

Kepada masyarakat di Provinsi Sumsel, Gubernur Herman Deru meminta untuk tetap bersemangat dalam berkarya, bekerja, berpikir bersilaturahmi tapi dengan cara Protokol Covid-19.

“Kita lawan kecemasan ini dengan perbuatan yang lebih dengan cara kita merasa aman dan nayaman. Kita tidak ingin lajunya pembangunan menjadi berantakan. Bahwa kita sebagai mahluk yang diberikan akal untuk dapat menyasati ini. Bukan terpuruk sehingga semua menjadi lemah,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Perekonomian Provinsi Sumsel Aprian Joni mengatakan penyerahan bantuan paket sembako, mari wujud nyata kebijakan Presiden Joko Widodo. Yakni listrik gratis dan subsidi dalam rangka upaya Pemerintah membantu masyarakat Sumsel yang mengalami kesulitan selama pandemi Covid-19.

“Penyerahan antara lain jumlah pelanggan 450 va sebanyak 342.871 pelanggan dengan nilai Rp11 miliar. Dan untuk 900 va sebanyak 309.047 pelanggan dengan nilai diskon Rp. 9,8 miliar. Nilai yang ditotalkan secara keseluruhan kontribusi dari pemerintah sebesar Rp21, 8 miliar perbulan yang ditanggung PLN,” pungkasnya.(srv)


loading...

Komentar

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan.